In-depth

Dear Shin Tae-yong, Ini Ada 4 Pemain Bertipikal Menyerang yang Bisa Jadi Opsi Lini Depan Timnas U-19

Jumat, 8 Juli 2022 17:47 WIB
Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/Indosport.com
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong saat ini mengeluhkan sulitnya mencari penyerang tajam setelah minim gol di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 saat ini akan menghadapi dua laga penentu di Piala AFF U-19 2022 melawan Filipina dan Myanmar. 

Kemenangan wajib mereka raih di dua laga sisa itu, untuk menjaga asa lolos ke babak semifinal. 

Saat ini, posisi Timnas Indonesia U-19 sendiri sejatinya masih berpeluang besar untuk lolos, hanya saja rawan untuk tersingkir.

Skuad Garuda Nusantara menempati urutan ke-4 pada klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi lima poin, hasil dari satu kali menang dan dua kali imbang.

Mereka terpaut dua angka dari Vietnam yang menempati posisi puncak dengan tujuh poin. Meski tidak terlalu jauh selisihnya, Timnas Indonesia U-19 tidak mudah untuk menggeser The Golden Stars -julukan Vietnam-.

Pasalnya Vietnam juga bukan lawan enteng, karena mereka bisa saja menyapu bersih kemenangan dua laga sisa melawan Myanmar dan Thailand.

Belum lagi ada ancaman dari Thailand yang bisa menjegal Timnas Indonesia U-19 menempati urutan runner-up, jika sulit menjadi pemuncak.

Ketar-ketirnya Timnas Indonesia U-19 yang terancam tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 ini, tidak lepas dari performa buruk mereka di tiga laga awal.

Timnas Indonesia U-19 minim kemenangan, dan hanya bisa meraihnya satu kali itu pun melawan tim lemah Brunei Darussalam dengan skor akhir 7-0.

Sedangkan dua partai lainnya melawan tim kuat Vietnam dan Thailand, Timnas Indonesia U-19 tak bisa berbuah banyak. Berakhir dengan imbang 0-0 semua.

Padahal Timnas Indonesia U-19 sendiri bermain cukup baik di dua laga tersebut. Hanya saja penyelesaian akhir yang buruk membuat Cahya Supriadi cs hanya bisa merebut masing-masing satu poin.

Buruknya kinerja lini depan bahkan membuat pelatih Shin Tae-yong pusing. Ia bahkan sampai berkelekar meminta publik mencarikan striker tajam untuk timnas Indonesia U-19 hingga senior.

"Saya minta tolong kalau kalian tahu penyerang yang bagus, silakan rekomendasikan ke saya," ujar Shin Tae-yong, usai laga kontra Thailand.

Lini depan Timnas Indonesia U-19 sempat menemukan kepercayaan diri setelah mampu mengumpulkan pundi-pundi gol saat berhadapan dengan Brunei Darussalam.

Penyerang Skuad Garuda Muda, Hokky Caraka jadi bintang lapangan dengan mengemas quattrick alias empat gol ke gawang Brunei Darussalam. Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-19 menang 7-0.

Sayang ketajaman Hokky Caraka gagal dilanjutkan saat melawan Thailand, sehingga Shin Tae-yong pun ikut frustasi.

"Seperti apa yang dilihat, memang pemain depan kami punya masalah soal finishing, kecuali saat menghadapi Brunei Darussalam," tutur Shin Tae-yong.

"Seharusnya kita membuat youth sistem yang baik sehingga nantinya akan muncul penyerang yang bagus. Ini jadi masalah sepak bola Indonesia sekarang," imbuh pelatih asal Korea Selatan ini.

Berikut beberapa rekomendasi untuk Shin Tae-yong mencoba empat striker muda ini, untuk tampil bersama Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Siapa saja mereka?