Bola Internasional

Piala AFF U-19: Bantai Filipina dan Paksa Alfriyanto Nico Tetap Main, Begini Komentar Shin Tae-yong

Sabtu, 9 Juli 2022 08:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-19, Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-19, Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

INDOSPORT.COM - Usai laga Piala AFF U-19 kontra Filipina, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasan tetap memainkan Alfriyanto Nico.

Timnas Indonesia U-19 menang telak 5-1 atas Filipina di laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022, Jumat (08/07/22) di Stadion Patriot, Bekasi. Kemenangan malam ini membuka peluang lolos ke semifinal.

Timnas U-19 sudah unggul 3-1 di babak pertama setelah Rabbani Tasnim cetak dua gol pada menit ke-14 dan 41', serta satu lainnya diciptakan Alfriyanto Nico ('26). Sedangkan satu-satunya gol Filipina dibuat Justin Frias (28'). 

Babak kedua, skuad asuhan Shin Tae-yong tambah dua gol lewat aksi Rabanni (50') dan pemain pengganti, Razzaa Fachrezi (71').

Usai laga, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih atas kerja keras anak asuhnya. Dia senang para pemain bisa jalankan instruksi, meski banyak melakukan pergantian, hingga lima pemain. 

"Jadi antisipasi fisik untuk laga selanjutnya hampir semua starting di ganti. Tapi semua pemain dapat bermain untuk hari ini dapat bekerja keras dan saya ucapkan terima kasih," kata Shin Tae-yong usai laga. 

Lebih lanjut, juru taktik asal Korea Selatan itu menjelaskan alasan tidak mengganti Alfriyanto Nico. Rupanya, situasi memaksa pemain milik Persija Jakarta itu untuk tetap di lapangan meski  terlihat terpincang-pincang.

"Nico hanya keram saja dan saya datangi dia untuk cek keadaan dan memang tidak diganti karena pergantian sudah habis.  Mau tidak mau, harus dipaksa bermain," ujar Shin Tae-yong. 

Sementara itu, Rabbani yang cetak hattrick malam ini mengatakan sangat bersyukur bisa bantu Timnas U-19 menang atas Filipina. Raihan tiga poin sangat krusial untuk buka peluang ke fase selanjutnya. 

"Saya bersyukur tim kami bisa menang dan saya bersyukur bisa cetak tiga gol, tapi itu berkat bantuan dari teman-teman. Untuk laga tadi alhamdulillah cukup bagus dan ke depannya akan lebih baik lagi," tuntasnya.