Bola Internasional

Jelang Piala AFF U-19 Timnas Indonesia vs Myanmar, Pengamat: Menang Saja Tidak Cukup!

Minggu, 10 Juli 2022 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Filipina Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Filipina Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

INDOSPORT.COM - Jelang Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 kontra Myanmar, menurut pengamat sepak bola, Akmal Marhali, menang saja tidak cukup.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/07/22). Garuda Muda wajib menang jika mau lolos ke semifinal.

Pasalnya, Timnas Indonesia U-19 baru mengoleksi 8 poin di Grup A, sementara lawan lainnya, Thailand dan Vietnam kini sama-sama mengantongi 10 poin.

Tak hanya Indonesia yang wajib menang atas Myanmar, salah satu dari Vietnam atau Thailand harus kalah dalam pertandingan hari ini, jika Garuda mau lolos ke semifinal.

Menurut koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali, walau Timnas U-19 berjuang mati-matian, tapi nasibnya juga ditentukan oleh Vietnam dan Thailand.

"Indonesia akan mengejar takdirnya, meski nasibnya juga ditentukan laga Vietnam vs Thailand," tulis Akmal Marhali di Instagram.

"Indonesia akan lolos ke semifinal bila menang lawan Myanmar, dengan syarat Vietnam dan Thailand saling mengalahkan atau minimal bermain imbang 0-0," ulasnya.

"Tapi seandainya pertandingan Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1, 2-2, sampai seterusnya, maka Indonesia akan tersingkir, karna kalah head to head produktivitas gol."

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-19 saat ini mengoleksi 12 gol dan kebobolan satu gol. Tujuh gol ke gawang Brunei, dan lima gol lain bersarang di gawang Filipina.

Sementara Vietnam mengoleksi 11 gol dan kebobolan dua gol, lalu Thailand tercatat mengantongi enam gol, tanpa kebobolan.