Bola Internasional

Indikasi Match Fixing di Piala AFF U-19, Pelatih Malaysia Ikut Bersuara

Selasa, 12 Juli 2022 17:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Logo Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Logo Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Malaysia U-19, Hassan Sazali, turut berkomentar soal dugaan match fixing dalam laga Thailand vs Vietnam di Grup A Piala AFF 2022. 

Laga Thailand vs Vietnam mendapat sorotan karena kedua tim dinilai tidak bermain fair play. Ketika skor 1-1, kedua tim memilih bermain santai atau enggan menyerang karena sudah pasti lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. 

Thailand dan Vietnam berhak lolos karena unggul head to head atas timnas Indonesia U-19. Aturan 'usang' ini masih dipakai oleh AFF. 

Menurut Hassan Sazali, sejak awal semua tim telah diinfokan soal regulasi, termasuk apabila ada tim yang punya poin sama di babak penyisihan grup.

Soal laga Thailand vs Vietnam, Hassan mengaku tidak menontonnya. Tapi dia menilai persaingan Grup A memang ketat antara tiga tim tersebut. 

"Sebelum kejuaran ini pihak AFF telah menyampaikan regulasi yang telah dikeluarkan, jadi semua tim sudah tahu perkara ini," kata Hassan Sazali. 

"Tapi saya tidak melihat laga Thailand vs Vietnam), mungkinkah. Saya tak tahu, apakah mereka ada seperti mengatur permainan," lanjutnya. 

"Saya percaya dengan tiga tim dari grup tersebut, bahwa mereka masing-masing dengan strateginya, baik Indonesia, Vietnam, maupun Thailand. Ketiganya difavoritkan lolos dari Grup A Piala AFF U-19 2022," imbuh Hassan.