Bola Internasional

Piala AFF U-19: Media Malaysia Heran Suporter Timnas U-19 Gembira Sambut Malaysia ke Final

Kamis, 14 Juli 2022 18:16 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Kegembiraan suporter timnas Indonesia merayakan sukses Malaysia melaju ke final Piala AFF U-19 2022 usai bantai Vietnam diliput media Negeri Kopi. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Kegembiraan suporter timnas Indonesia merayakan sukses Malaysia melaju ke final Piala AFF U-19 2022 usai bantai Vietnam diliput media Negeri Kopi.

INDOSPORT.COM - Drama isu adanya pengaturan pertandingan di Piala AFF U-19 2022 yang membuat Vietnam dan timnas Indonesia U-19 bersitengang dalam beberapa hari terakhir rupanya masih berlanjut.

Usai The Golden Star Warriors tereliminasi dari semifinal akibat dibekuk Malaysia, pendukung Skuad Garuda Nusantara diliputi euforia dan fenomena ini kemudian mendapat perhatian internasional.

Normalnya, timnas Indonesia U-19 dan Malaysia adalah dua kesebelasan yang punya rivalitas terpanas di kawasan Asia Tenggara.

Akan tetapi saat ada gosip soal adanya kecurangan yang dilakukan Vietnam dan Thailand saat Piala AFF U-19 2022 masih berada di fase grup, fans kedua negara bersatu dan balik saling mendukung.

Terutama setelah dipastikan Vietnam bakal jumpa dengan Malaysia di semifinal. Pendukung timnas Indonesia pun berdoa untuk kemenangan Harimau Malaya Muda.

Malaysia sebenarnya sama sekali bukan favorit saat meladeni Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga pada Rabu (13/07/22) namun rupanya harapan dari publik sepak bola negeri tetangga jadi nyata.

Tidak disangka-sangka Adam Farhan Faizal mampu membuka skor untuk Malaysia di menit ke-26 saat Vietnam tengah asyik mengurung pertahanan timnya.

Skor 1-0 kemudian bertahan hingga jeda dan masih banyak yang percaya jika nantinya Negeri Kopi dapat membalikkan keadaan.

Di paruh kedua pertahanan Malaysia masih sangat disiplin sehingga membuat Vietnam frustasi. Dua gol bahkan bisa dicetak kembali oleh anak-anak asuh Hassan Sazali di menit 70 dan 87.

Saat peluit panjang ditiup wasit, Malaysia sukes menang meyakinkan 3-0 atas Vietnam dan berhak melaju ke final Piala AFF U-19 2022. Suka cita pun juga dirasakan publik tuan rumah.