Bola Internasional

Piala AFF U-19: Pakar Negeri Jiran Jelaskan Mengapa Vietnam U-19 Gagal Bendung Malaysia U-19

Kamis, 14 Juli 2022 19:18 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/Indosport
Raja Isa didapuk menjadi pelatih MTR saat beruji coba melawan Persik Kediri. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport
Raja Isa didapuk menjadi pelatih MTR saat beruji coba melawan Persik Kediri.

INDOSPORT.COM – Pakar sepak bola Malaysia, Raja Isa, menjelaskan mengapa Malaysia U-19 bisa tumbangkan Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Dalam match day pertama babak semifinal tersebut mempertemukan juara grup A, Vietnam U-19, dengan runner-up Grup B, Malaysia U-19, yang mana dimenangkan oleh pasukan Macan Muda dengan skor 3-0.

Tiga gol Malaysia U-19 tersebut dicetak oleh Farhan Faizal di menit 26, Haiqal Haqeemi pada menit ke-70, dan Haikal Danish Mohd Haizan di menit 87.

Atas hasil kemenangan yang diraih oleh Macan Muda tersebut bahkan membuat warganet Indonesia senang tak karuhan meskipun Indonesia dan Malaysia juga terkenal dengan rivalitasnya, terutama dalam dunia sepak bola.

Rasa senang itu muncul lantaran pertandingan, antara Thailand dan Vietnam, sendiri dicurigai jadi laga main mata sebab kedua tim, terutama pada babak kedua terlihat enggan memberikan tekanan dan berhasrat untuk meraih kemenangan.

Hingga akhirnya hasil akhir dari pertandingan kelima Grup A antara Vietnam kontra Thailand adalah 1-1. Dengan hasil tersebut membuat kedua tim lolos dari Grup A.

Usai dibabat oleh Malaysia U-19, pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam, mengungkapkan di depan awak media bahwa kekalahan timnya ini disebabkan beban mental yang diemban para pemain.

Faktor psikis yang dialami para pemain disinyalir datang dari tekanan yang dilancarkan para pendukung Indonesia yang hadir dalam pertandingan Vietnam lawan Malaysia kemarin.

Di sisi lain, Raja Isa sebagai pakar sepak bola Malaysia beberkan alasan mengapa Vietnam U-19 bisa takhluk dari Malaysia U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2022 kali ini.