Liga Indonesia

Liga 1: Kualitas Dinilai Masih Kurang, Pemain Lokal Persija Kena 'Omel' Thomas Doll

Minggu, 17 Juli 2022 19:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker asing anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker asing anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, menilai pemain lokal harus cepat beradaptasi dan meningkatkan kemampuan menjelang kick-off Liga 1 Indonesia 2022-2023. 

Hal itu dikatakan Doll selepas laga uji coba kontra Rans Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (16/7/22). 

Pada laga kemarin sore, Persija menurunkan tim utama dan menang 4-1 atas Rans. Empat gol Macan Kemayoran semuanya diborong pemain asing, Michael Krmencik, Hanno Berhens (2), dan Ondrej Kudela. 

Pada laga itu, Thomas Doll juga lakukan rotasi dan menurutnya pemain lokal masih harus bekerja lebih keras di latihan supaya kemampuannya meningkat. Mereka kerap terburu-buru melepas umpan, sehingga kurang efektif. 

"Untuk pemain lokal, menurut saya beberapa dari mereka masih perlu waktu. Seharusnya di babak kedua bisa menahan bola lebih lama, tapi saya rasa mereka terlalu direct ke depan," ucap Thomas Doll.

"Para pemain tak memainkan bola lebih dahulu dalam membangun serangan, tapi saya suka dengan yang mereka tampilkan, dalam latihan selalu saja ingin berkembang setiap harinya," cetus pelatih asal Jerman itu.

Thomas Doll berharap, hadirnya tiga pemain asing yang pernah bermain di level top Eropa bisa membantu dan memotivasi pemain lokal. 

Michael Krmencik dan Ondrej Kudela membela timnas Republik Ceko dan Berhens merumput di klub ternama Jerman seperti Hamburger SV dan FC Nurnberg. 

"Dengan adanya pergantian pemain pasti ada kehilangan ritme. Selain itu, saya merasa ketiga pemain asing kami sangat bagus untuk membantu perkembangan pemain lokal," tutur Thomas Doll. 

"Seperti sudah saya bilang, beberapa pemain lokal butuh dibimbing untuk memahami permainan saya. Saya merasa Krmencik, Kudela, dan Berhens bisa menularkan pengalaman kepada para pemain lokal saat latihan," pungkas eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.