In-depth

Siap-Siap, Liverpool Bakal Lalui Evolusi Baru Lagi di Tangan Jurgen Klopp

Minggu, 17 Juli 2022 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Lee Smith
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, kemungkinan besar akan memasuki evolusi baru lagi di tangan Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Lee Smith. Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, kemungkinan besar akan memasuki evolusi baru lagi di tangan Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, kemungkinan besar akan memasuki evolusi baru lagi di tangan Jurgen Klopp.

Seperti diketahui, Liverpool besutan pelatih asal Jerman ini telah melalui perubahan signifikan setelah era Brendan Rodgers.

Bukti konkretnya pun sudah nyata terlihat di CV sang juru taktik, berupa seabrek gelar yang diperoleh dengan perjuangan.

Ya, ibaratnya, tidak ada satu pun pelatih di muka bumi ini yang bisa menyulap sebuah tim menjadi langganan juara dalam satu malam.

Jurgen Klopp sendiri membutuhkan waktu setidaknya tiga sampai empat tahun untuk menciptakan Liverpool yang berhasil menggondol banyak gelar, termasuk Liga Inggris yang sudah lama diidam-idamkan.

Dalam prosesnya, dibutuhkan kecerdasan dalam hal meracik tim dan berselancar di bursa transfer. Dan Jurgen Klopp pun beruntung lantaran dulu Liverpool memiliki seorang ahli yang andal, Michael Edwards.

Sederet pemain pun didatangkan untuk membangun tim bermental juara, mulai dari Virgil van Dijk, Sadio Mane, hingga Diogo Jota dan masih banyak lagi.

Pada masa kepelatihan Jurgen Klopp inilah Liverpool dikenal dengan trio serang super ampuh yang sering dikenal dengan sebutan Firmansah, alias Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Akan tetapi, memang tidak ada yang kekal di dunia ini, termasuk tiga pemain tersebut, yang kini telah ‘bubar jalan’ seiring melempemnya penampilan Roberto Firmino dan kepindahan Sadio Mane.

Mohamed Salah, bahkan sempat membuat Liverpool dan para suporter ketar-ketir karena kontraknya, namun pada akhirnya memilih tinggal dan mengabdi lebih lama di Anfield.