Liga Indonesia

Kisah Arema di Piala Presiden 2022, Kalah di Awal Juara di Akhir

Senin, 18 Juli 2022 08:58 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Winger Arema FC, Ilham Udin Armaiyn, di final leg pertama Piala Presiden 2022 melawan Borneo FC, Kamis (14/07/22) Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Winger Arema FC, Ilham Udin Armaiyn, di final leg pertama Piala Presiden 2022 melawan Borneo FC, Kamis (14/07/22)

INDOSPORT.COM – Sempat kalah di awal-awal turnamen, Arema FC resmi menjadi juara Piala Presiden 2022 setelah mengandaskan Borneo FC dengan skor agregat 1-0, Minggu (17/07/22).

Singo Edan, julukan Arema FC, dapat dikatakan mengawali perjuangan mereka di turnamen Piala Presiden 2022 ini dengan hasil yang kurang memuaskan.

Di awal turnamen kala bertemus PSM Makassar, skuad asuhan Eduardo Almeida itu harus takluk dengan skor tipis 0-1.

Belajar dari kesalahan, Arema FC kemudian perlahan bangkit dan berhasil merengkuh kemenangan di dua laga tersisa di Grup D Piala Presiden 2022.

Kala melawan Persik Kediri, kemenangan Arema FC diperoleh lewat ekseskusi penalti dari Irsyad Maulana pada menit-menit penghujung pertandingan. Tepatnya pada menit ke-89.

Sementara itu, ketika melawan Persikabo 1973 di laga terakhir Grup D, skuad Singo Edan berhasil memang berkat tendangan bebas Gian Zola pada menit ke-9.

Sepasang kemenangan tipis Arema atas Persik dan Persikabo kemudian membuat mereka berhak lolos ke babak perempat final.

Keberhasilan selamat dari jurang tampaknya menjadi momentum untuk skuad asuhan Eduardo Almeida itu untuk bangkit.

Terbukti, Arema kemudian berhasil menyingkirkan Barito Putera di perempat final dan PSIS Semarang di semifinal.

Lolos di final dan bertemu Borneo FC, Arema seakan mengerahkan kekuatan maksimal. Alhasil, Arema lalu berhasil memenangkan Piala Presiden 2022 dengan skor agregat tipis 1-0.

Kemenangan Arema ini juga turut menorehkan sejarah bagi sang pelatih, Eduardo Almeida. Sang pelatih secara pribadi berhasil meraih gelar juara pertamanya di Indonesia.