Liga Indonesia

Liga 1: Celaka, Persib Belum Tentu Diizinkan Pakai Stadion GBLA Musim Ini

Selasa, 19 Juli 2022 21:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/Indosport.com
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023 masih menunggu laporan terbaru dari Persib Bandung terkait renovasi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, meminta Persib lebih aktif lagi memberikan informasi soal GBLA. Pasalnya, stadion tersebut belum layak karena ada kerusakan di beberapa bagian tribun, rumput lapangan, dll. 

"GBLA itu kami intens komunikasi juga, mereka lagi berbenah. Mudah-mudahan selesai sebelum dipakai Liga 1, tapi kemungkinan kami akan komunikasi dan cek terus ke sana," kata Akhmad Hadian Lukita, Selasa (19/7/22). 

Selain masalah renovasi, PT LIB juga terus mengingatkan Persib soal penanganan penonton yang datang ke stadion berdasarkan kejadian baru-baru ini. 

Hal itu merujuk pada kejadian kurang baik pada Piala Presiden 2022, di mana ada dua suporter yang meninggal di GBLA gara-gara terhimpit dalam kerumunan. 

"Sebetulnya tinggal penanganan crowd (keramaian) saja, karena areanya kan terbuka. Bagaimana cara mereka menangani, mereka harus memberikan info pada kami," imbuh Lukita. 

Lebih lanjut, Dirut PT LIB juga belum bisa memastikan apakah Persib Bandung bisa menngunakan Stadion GBLA. Semuanya tergantung izin yang dikeluarkan oleh Kepolisian setempat. 

"Namun kembali izin kepolisian juga penting karena mereka yang akan memberi rekomendasi. Kalau polisi kasih izin, boleh main, kalau tidak, ya Pesib harus pindah," ujarnya.