Liga Indonesia

Singung AFF Tidak Lagi Sehat, Shin Tae-yong: Indonesia Butuh Liga yang Kuat

Selasa, 19 Juli 2022 20:35 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM – Menyusul dengan keinginan Indonesia untuk keluar dari AFF karena dinilai tak lagi sehat, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa skuat Garuda butuh liga yang kuat.

Rupanya, kegagalan timnas Indonesia U-19 dalam merengkuh gelar di Piala AFF U-19 2022, masih menyisakan buntut permasalahan yang panjang.

Sebelumnya pendukung skuad Garuda menduga adanya praktik match fixing yang terjadi ketika pertandingan antara Vietnam dan Thailand di babak penyisihan grup A.

Pada laga tersebut, Vietnam dan Thailand menurunkan intensitas permainan di menit akhir, ketika mereka bermain imbang 1-1.

Pendukung Indonesia menduga, kedua peserta Piala AFF U-19 2022 itu memang berencana bermain imbang demi menyingkirkan pasukan Shin Tae-yong dari turnamen tersebut.

Tak berhenti sampai situ, pendukung tim Garuda juga ramai-ramai menyarankan agar timnas Indonesia keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Pendukung Timnas Indonesia ingin agar PSSI lebih fokus untuk mengikuti pelaksanaan Federasi Sepak Bola Asia Timur atau East Asian Footbal (EAFF).

Hal itu tentu saja menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Bahkan pelatih Indonesia Fakhri Husaini juga turut menentang ajakan tersebut.

Pelatih itu mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia masih memerlukan AFF. Karena turnamen itu memiliki beberapa kategori yang bisa bermanfaat bagi skuad muda Garuda.

Bahkan, pelatih Timnas Indonesia muda dan senior, Shin Tae-yong juga turut angkat bicara. Melalui podcast dari kanal YouTube Sport77 Official.