Bola Internasional

Masuk Akal! Ini Alasan Shin Tae-yong Sebut Vietnam dan Thailand 'Main Mata' di Piala AFF U-19

Rabu, 20 Juli 2022 10:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Masuk akal, ini alasan Shin Tae-yong sebut Timnas Vietnam U-19 dan Thailand 'main mata' di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19, Vietnam dan Thailand memiliki poin yang sama di klasemen akhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, yaitu 11 poin.

Timnas Indonesia unggul selisih gol, setelah Hokky Caraka dkk menang atas Brunei 7-0, membekuk Filipina 5-1, dan memberondong Myanmar dengan skor 5-1, Minggu (10/7/22).

Vietnam sendiri hanya mencetak total 12 gol, sedangkan Thailand lebih sedikit, baru membukukan 7 gol di fase penyisihan grup.

Melihat produktivitas gol, tentu saja Timnas U-19 yang paling layak melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Namun, berdasarkan aturan AFF, Garuda Muda tidak terpilih.

AFF merilis aturan bahwa tim yang memiliki poin sama, maka yang dihitung adalah head to head untuk menentukan siapa yang lolos.

Mengingat Timnas U-19 tak bisa mencetak gol ke gawang Vietnam dan Thailand, maka Garuda Muda pun tidak berhak ke semifinal.

Alhasil, banyak yang tidak bisa menerima keputusan ini, karena seolah-olah sudah di-setting agar Timnas U-19 tersingkir.

Apalagi, pada laga penentuan, Vietnam dan Thailand seolah main tak bergairah, setelah kedudukan imbang 1-1, dan memastikan mereka unggul head to head atas Garuda.

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun mencium adanya indikasi 'main mata' antara Timnas Vietnam dan Thailand, agar tidak bersua Garuda Muda.