In-depth

5 Hasil Pertandingan Pembuka Sejak era Liga 1, Tuan Rumah Lebih Sering Menang

Jumat, 22 Juli 2022 17:02 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Tim tuan rumah lebih sering meraih kemenangan saat laga pembuka Liga 1 sejak tahun 2017 lalu. Akankah terulang di tahun ini?

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2022/23 akan segera dimulai pada pekan ini.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah memastikan kapan akan dimulainya Liga 1 yakni 23 Juli 2022 mendatang, sesuai hasil dari manajer meeting para kontestan.

Selain menentukan tanggal kick-off, PT LIB juga sudah menyebarkan ke seluruh klub terkait jadwal pertandingan.

Dari jadwal yang sudah diedarkan, tak banyak perubahan dibandingkan draft sebelumnya. Hanya, kini setiap pertandingan sudah dilengkapi dengan waktu sepak mula.

Dalam draft sebelumnya, cuma tercantum jadwal pertandingan beserta klub yang bertanding. Tapi tidak dilengkapi dengan keterangan waktu kick-off pertandingannya.

Pertandingan pembukan akan mempertemukan PSIS Semarang vs RANS Nusantara, pada Sabtu (23/07/22) di Stadion Jati Diri, Semarang, pukul 15:00 WIB.

Para klub-klub peserta sendiri saat ini terus mematangkan persiapan, demi meraih hasil maksimal di setiap pertandingan yang dilakoninya.

Sebelumnya PSSI melalui Ketua Umumnya, Mochamad Iriawan, sudah mengonfirmasi tanggal mulai bergulirnya kompetisi kasta tertinggi tersebut yakni pada 27 Juli 2022 mendatang.

"Insyallah akan digelar mulai tanggal 27 (Juli)," kata Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/22) kemarin.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan bahwa federasi yaitu PSSI dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), tengah mempersiapkan segala sesuataunya yang dibutuhkan untuk kelancaran kompetisi.

Akan tetapi tidak lama setelah itu, Iwan Bule mengatakan ada perubahan terkait jadwal kick-off Liga 1 setelah banyak pertimbangan, ditentukan akan dimulai pada 23 Juli 2022 alias maju empat hari lebih cepat.

“Kami harus mempertimbangan banyak agenda timnas Indonesia dan lainnya selama kompetisi musim 2022-2023 bergulir. Hasilnya, kick-off pada 23 Juli nanti merupakan waktu paling ideal untuk semua tim Liga 1," kata Mochamad Iriawan.

"Kami juga sudah melakukan koordinasi langsung dengan pemerintah. Baik itu Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid, dan juga Mabes Polri," imbuhnya.  

Liga 1 sendiri telah memasuki edisi kelima sejak format digunakan pada tahun 2017 lalu. Dari lima musim terakhir, tim yang bertindak sebagai tuan rumah selalu meraih kemenangan. Berikut rangkumannya: