In-depth

5 Negara yang Sukses Pindah Konfederasi, Timnas Indonesia Bakal Menyusul?

Jumat, 22 Juli 2022 15:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
5 Negara yang Sukses Pindah Konfederasi, Timnas Indonesia Menyusul? Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
5 Negara yang Sukses Pindah Konfederasi, Timnas Indonesia Menyusul?

INDOSPORT.COM - Berikut lima negara yang sukses pindah konfederasi di bawah naungan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Apakah Timnas Indonesia bakal menyusul?

Konfederasi merupakan persatuan kelompok atau negara berdaulat yang bersatu untuk tujuan aksi bersama. Di sepak bola, ada AFC (zona Asia), UEFA (zona Eropa), OFC (Oceania), CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia), CONMEBOL (Amerika Selatan) dan CAF (Afrika).

Keenam konfederasi tersebut bergerak di bawah naungan dari FIFA selaku Federasi Sepak Bola Dunia. FIFA sendiri memiliki 211 anggota assoasi termasuk Indonesia yang juga menjadi anggota AFC.

Kemudian AFC sendiri juga memiliki anak organisasi bernama AFF (Asia Tenggara), CAFA (Tengah), EAFF (Timur), SAFF (Selatan) dan WAFF (Barat).

Saat ini tengah ada isu panas mengenai niat Timnas Indonesia untuk hengkang dari AFF. Banyak fans Garuda yang mendesak agar PSSI memilih pindah ke EAFF.

Kemudian Media Vietnam malah menyarankan agar Timnas Indonesia keluar dari keanggotaan AFC dengan bergabung ke UEFA atau CONMEBOL.

Bila PSSI menuruti saran dari media Vietnam, maka Indonesia bakal menyusul langkah lima negara yang pernah melakukan hal yang sama. Siapa saja mereka?

Selandia Baru

Selandia Baru menjadi negara pertama yang memutuskan pindah konfederasi. Awalnya, negara ini bergabung dengan AFC pada 1964 silam karena Konfederasi Sepakbola Oceania (OFC) belum terbentuk.

Kemudian saat OFC terbentuk pada 1966 silam, Selandia Baru memutuskan hengkang dari AFC dan pergi ke Oceania. Mereka kini menjadi "Raja" di OFC, apalagi pasca hengkanya Australia ke AFC.

Meski menjadi tim paling tangguh di OFC, bukan berarti Selandia Baru bisa dengan mudah untuk mendapat tiket ke Piala Dunia. Pasalnya, juara Kualifikasi Piala Dunia zona OFC harus menghadapi tim dari konfederasi lain untuk memperebutkan satu tiket lolos.