Liga Indonesia

Thomas Doll Berambisi Bawa Persija Akhiri Dominasi Bali United di Liga 1

Jumat, 22 Juli 2022 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat berbincang dengan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco jelang laga perdana Liga 1. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat berbincang dengan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco jelang laga perdana Liga 1.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta akan melawan Bali United pada pekan pertama Liga 1 2022/23, Sabtu (23/07/22) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Tim asuhan Thomas Doll mengincar tiga poin alias kemenangan. 

Pelatih Persija, Thomas Doll, mengatakan timnya telah lakukan persiapan matang. Anak asuhnya juga telah menunjukkan perkembangan pesat, terbukti mereka membantai Rans Nusantara dengan skor 4-2 di laga uji coba terakhir. 

"Kami sudah latihan dan saya harap kami berada dalam kondisi bagus untuk laga awal karena kompetisi masih panjang," buka Thomas Doll. 

"Delapan minggu setelah saya datang ke sini, kami sudah siap, pemain dalam kondisi bagus juga. Secara performa juga meningkat dibanding sebelumnya, kalian bisa liat di uji coba terakhir bagaimana kami bermain," lanjutnya. 

"Jadi kami sudah siap. Saya senang bisa lawan Bali United yang merupakan juara bertahan, stadion juga bagus jadi saya harap banyak penonton dan semoga kami dapat hasil bagus," ujar juru taktik asal Jerman itu. 

Berdasarkan catatan pertemuan, Bali United sangat superior ketika berhadapan dengan Persija Jakarta. Dalam 14 pertemuan terakhir di semua kompetisi, Serdadu Tridatu menang sembilan kali dan hanya kalah dalam tiga pertandingan. 

Kemenangan terakhir Persija Jakarta bahkan terjadi nyaris empat tahun lalu, tepatnya Desember 2018, dengan skor 2-1.

Buat Sejarah Baru

Meski catatan tak berpihak ke Persija, Thomas Doll tak memedulikannya. Dia menyatakan hanya fokus untuk laga esok hari dan bertekad bawa tim Ibu Kota mengukir kemenangan di markas Bali United. 

"Saya bukan fans soal statistik, itu masa lalu, kita tak bisa ubah, jadi sekarang kita mulai laga baru dengan pemain baru. Jadi buat saya ini sangat penting," tegas pelatih 56 tahun itu. 

"Kami respek karena Bali United tim juara, mereka lebih baik dari Persija, unggul 30 poin musim lalu. Tapi kami harus angkat Persija secara perlahan karena ini klub besar, klub bersejarah, besok kita lihat mungkin kita akan ubah statistik itu," sambung Thomas Doll. 

Sementara itu, bek kanan, Frengky Missa menyatakan sudah siap meladeni tuan rumah. Anak muda 18 tahun itu berpotensi jalani debut di Liga 1. "Untuk persiapan kami sudah bagus, kondisi juga bagus buat besok lawan Bali United. Kami akan berikan yang terbaik untuk dapat hasil terbaik," tuntasnya. 

Persija musim ini tampil berbeda dibanding Liga 1 musim lalu. Selain Thomas Doll yang jadi pelatih berkelas, tim kebanggaan Jakmania juga rekrut pemain bintang jebolan liga top Eropa, Michael Krmencik, Ondrej Kudela, Hanno Berhens dan Yusuf Helal.