In-depth

2 Negara Kuat Asia yang Pernah Jadi Korban Curacao, Timnas Indonesia Selanjutnya?

Rabu, 27 Juli 2022 16:05 WIB
Editor: Juni Adi
© The Bent Musket
Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket. Copyright: © The Bent Musket
Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket.

INDOSPORT.COM - Curacao menjadi negara yang berpotensi jadi lawan Timnas Indonesia di laga uji coba agenda FIFA. Sebelum melawan Skuad Garuda ternyata mereka sudah pernah melawan tim Asia lain.

Pertandingan uji coba resmi internasional atau FIFA Matchday akan berlangsung pada bulan September 2022 mendatang.

Timnas Indonesia diprediksi akan berpartisipasi dalam melakukan uji tanding melawan negara lain, demi meningkatkan ranking FIFA dan juga sebagai tolok ukur kekuatan jelang turun di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun berharap kepada asosisasi sepak bola Indonesia, PSSI, untuk mencarikan lawan uji coba resmi FIFA yang lebih berkualitas kekuatannya.

“Masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk mencari tim dengan peringkat 50-100 (di FIFA Matchday),” ujarnya kepada awak media bulan Juni lalu.

Saat ini, Timnas Indonesia sendiri menempati posisi ke-155 ranking FIFA. Lawan dengan ranking yang jauh lebih tinggi diperlukan demi meraih poin yang lebih banyak.

Beberapa negara disebut-sebut sebagai calon lawan tanding Timnas Indonesia di laga uji coba pada September mendatang.

Mulai dari Vietnam hingga Palestina. Kini muncul tiga calon lawan terbaru yang akan dijajaki, mereka adalah India, Hong Kong dan Curacao.

Dari ketiga negara yang sudah disebutkan itu, hanya Curacao lah yang menempati peringkat tertinggi yakni berada di 84 dunia, sedangkan India di 104 dan Hong Kong di 145 dunia.

Jika ingin mencari lawan sesuai dengan permintaan pelatih Shin Tae-yong, Tim Nasional Curacao lah yang paling ideal.

Mereka berada di peringkat 100 besar dan memiliki kualitas timnas yang cukup baik. Hal itu bisa dilihat dari negara-negara kuat Asia yang sudah mereka kalahkan. Siapa saja?