In-depth

3 Pemain Abroad Indonesia yang Saat Ini Tengah Menganggur, Klub Liga 1 Berminat?

Rabu, 27 Juli 2022 14:56 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Tiga pemain sepak bola Indonesia yang pernah merumput di Eropa saat ini tengah menganggur tak punya klub. Peserta Liga 1 berminat kah?

Kabar mengejutkan datang dari salah satu talenta muda Indonesia yang berkarier di luar negeri, Witan Sulaeman.

Penyerang Timnas Indonesia itu secara resmi tak lagi menjadi bagian dari Lechia Gdansk, lantaran kontraknya tak diperpanjang pada bursa transfer musim panas ini.

Witan Sulaeman tak sendiri. Rekan setimnya, Rafal Koboryn juga tak mendapat perpanjangan kontrak. Kepastian itu diumumkan lewat laman resmi klub.

Dalam keterangan resmi klub disebutkan, Witan Sulaeman dan Rafal Koboryn tidak akan lagi bersama tim asal Polandia itu pada musim depan.

Menurutnya, keputusan mengakhiri kerja sama sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

"Kontrak Rafa Kobryn dan Witan Sulaeman telah berakhir dengan klub lewat kesepakatan bersama," tulis Lechia Gdansk dalam lamannya.

"Kedua pemain pun dipersilahkan mencari klub baru setelah berstatus free agent," sambung pernyataan klub.

Perjalanan karier Witan Sulaeman sendiri di Eropa terbilang turun naik. Ia diboyong oleh klub Serbia, Radnik Surdulica, pada 2020 dan hanya tampil dalam lima pertandingan.

Semusim di Radnik Surdulica, Witan Sulaeman kemudian hijrah ke Lechia Gdansk pada tahun 2022.

Di Lechia Gdansk, Witan Sulaeman tak mendapat kesempatan bermain sehingga dipinjamkan ke klub Serbia, FK Senica.

Talenta Witan Sulaeman berkembang di sana, karena ia sering mendapat kesempatan bermain. Total 12 pertandingan sudah dilakoni Witan Sulaeman, dengan mencetak 4 gol dan 12 assist.

Sayang, FK Senica terlilit masalah keuangan sehingga tak bisa mempermanenkan Witan Sulaeman, dan dikembalikan ke Lechia Gdansk. Belum diketahui ke mana Witan Sulaeman akan berlabuh selanjutnya.

Selain mantan pemain PSIM Yogyakarta itu, ada beberapa talenta muda Indonesia yang saat ini menganggur usai dilepas klub Eropa, mungkin klub Liga 1 berminat. Siapa saja mereka?