In-depth

Sejarah dan Daftar Juara Piala AFF U-16: Timnas Indonesia Baru Sekali Raih Gelar

Minggu, 31 Juli 2022 18:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Duo kembar Timnas Indonesia U-16, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Duo kembar Timnas Indonesia U-16, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi.

INDOSPORT.COM - Berikut sejarah dan daftar juara Piala AFF U-16 sepanjang masa, di mana Timnas Indonesia U-16 baru sekali mengangkat trofi yakni saat era Bagus Kahfi.

Seperti diketahui, Piala AFF U-16 2022 telah dimulai hari ini, Minggu (31/07/22). Ajang bergengsi ini bergulir di Stadion Maguwoharjo dan Stadion Sultan Agung di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Filipina bakal menjadi ujian pertama Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti. Selain Filipina, Skuat Garuda Muda bakal menghadapi Singapura dan Vietnam di penyisihan fase Grup A.

Berstatus sebagai tuan rumah, Bima Sakti dituntut untuk bisa membawa Timnas Indonesia U-16 meraih juara dan menebus kegagalan pada edisi 2019 lalu.

Di mana saat itu Timnas Indonesia U-16 hanya bisa finis sebagai peringkat ketiga karena kalah dari Thailand di semifinal.

Sejarah Piala AFF U-16

Piala AFF U-16 merupakan turnamen kelompok umur di bawah usia 16 tahun yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Ajang ini digelar setiap dua tahun sekali. Sebelumnya, Piala AFF U-16 bernama turnamen U-17 dan resmi menjadi Piala AFF U-16 pada 2002 silam.

Akan tetapi, mulai 2018 dan seterusnya, level turnamen menjadi U-16 karena penggantian nama level kompetisi usia muda di benua Asia.

Piala AFF U-16 sejatinya hanya diikuti oleh negara yang menjadi bagian dari wilayah Asia Tenggara (ASEAN). Namun, ada beberapa negara luar ASEAN yang sempat diundang sebagai tamu, seperti China, Jepang, Australia, Bangladesh, dan Bahrain.

Bahkan, beberapa negara tamu mampu membawa pulang trofi juara salah satunya Australia yang mengantongi dua gelar pada 2008 dan 2016 silam.

Timnas Indonesia U-16 sendiri baru tercatat sekali memperoleh gelar juara Piala AFF U-16 yakni saat era pelatih Fakhri Husaini dan diperkuat oleh Bagus Kahfi.