Liga Indonesia

Jacksen Tiago Banjir Kritik: Usai Barito, Persipura, Kini Persis Solo Terpuruk di Liga 1

Senin, 1 Agustus 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Samsul Arif dijaga ketat oleh Bek Persija Jakarta, Hansamu Yama (kanan) pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Samsul Arif dijaga ketat oleh Bek Persija Jakarta, Hansamu Yama (kanan) pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola asal Brasil, Jacksen F. Tiago banjir kritik di Liga 1 Indonesia 2022-2023. Setelah Barito Putera dan Persipura, kini giliran Persis Solo yang ikut terpuruk.

Sebelumnya, Jacksen F. Tiago sempat dipecat di pekan kelima Liga 1 2019, karena Barito Putera tercecer di zona merah akibat mengalami empat kekalahan beruntun.

Kemudian, Jacksen F. Tiago juga mundur dari Persipura Jayapura di paruh musim Liga 1 2021-2022. Meski ada pelatih pengganti, tetapi Mutiara Hitam harus terdegradasi.

Kala itu, Jacksen memutuskan berlabuh ke Persis Solo, dan berhasil membawa tim ini menjuarai Liga 2, hingga promosi ke Liga 1.

Sejak Persis Solo promosi ke Liga 1, Jacksen kemudian menjabat sebagai pelatih kepala. Namun, liga baru bergulir dua pekan, Sambernyawa sudah membuat sejumlah kontroversi.

Pertama, dicoretnya dua pemain asing, Gerard Artigas dan Aaron Evans di pekan pertama Liga 1, pada H-5 penutupan bursa transfer. Keputusan yang sangat buru-buru.

Pencoretan dua pemain asing berdampak pada Persis Solo yang kehilangan kekuatan di laga pekan kedua kontra Persija Jakarta.

Persis Solo tumbang di angka 1-2 atas tim tuan rumah Persija Jakarta, Minggu (31/7/22). Sebelumnya, Laskar Sambernyawa juga kalah 2-3 dari Dewa United di kandang.

Dua kekalahan dalam dua laga perdana, membuat Persis Solo menjadi juru kunci klasemen sementara Liga 1 2022-2023, tanpa perolehan poin dan mencetak tiga gol.

Hasil ini tentu saja membuat suporter Persis Solo tidak puas. Alih-alih mengkritik para pemain, mereka justru mengungkapkan kekecewaan pada sosok Jacksen F. Tiago.