Bola Internasional

Jatah Asia Bertambah, Media Vietnam Pede Timnasnya Lolos Piala Dunia 2026

Jumat, 5 Agustus 2022 10:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Nguoi Dua Tin
Bertambahnya kuota Asia di Piala Dunia 2026 tidak hanya menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia namun juga musuh bebuyutannnya, yakni Vietnam. Copyright: © Nguoi Dua Tin
Bertambahnya kuota Asia di Piala Dunia 2026 tidak hanya menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia namun juga musuh bebuyutannnya, yakni Vietnam.

INDOSPORT.COM - Bertambahnya kuota Asia di Piala Dunia 2026 tidak hanya menjadi kabar baik bagi timnas Indonesia namun juga musuh bebuyutannya, yakni Vietnam. Hal ini diklaim oleh media di negara tersebut.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara yaitu Amerika Serikat (AS), Meksiko dan Kanada. Hal itu membuat jumlah peserta mengalami penambahan dari 32 menjai 48 kontestan.

Penambahan kuota tersebut merupakan bentuk pengembangan sepak bola di seluruh dunia yang digaungkan oleh FIFA sejak enam tahun lalu.

Regulasi tersebut berimbas pada penambahan kuota bagi kontestan yang lolos di setiap benua, tidak terkecuali dari Asia.

Laman resmi AFC baru saja menjelaskan kalau Asia sendiri mendapatkan jatah 8+1 slot. Untuk satu slot tambahan, bisa didapatkan bila calon peserta mampu melewati babak play-off intercontinental.

Media Vietnam, Soha melalui artikel yang ditulis dari Hoai Du pada Kamis (04/08/22) mempertanyakan peluang tim nasional negaranya bisa memanfaatkan regulasi ini untuk berpartisipasi di Piala Dunia.

Menurut media tersebut, Timnas Vietnam memiliki peluang besar untuk mengikuti Piala Dunia 2026. Hanya saja ada beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya peluang tersebut.

“Melihat teori dan hasil kompetisi tim Vietnam selama ini, peluang tim Vietnam untuk mengikuti Piala Dunia 2026 ada di sana. Namun, seberapa lebar atau sempit pintu menuju ke sana tergantung pada banyak faktor lain,” tulis Soha.

Timnas Vietnam sendiri saat ini berada di peringkat ke-97 dunia dank e-17 asia menurut peringkat FIFA terbaru yang dirilis ada akhir Juni kemarin.

Ini adalah pertama kalinya dalam beberapa bulan tim Vietnam terlempar dari 16 besar di Asia, terhitung sejak peringkat terakhir di bulan Maret Vietnam masih berada di urutan ke-96 dunia.