Bola Internasional

Penunjukkan Tuan Rumah Piala Dunia 2026 Tuai Kritikan, Kenapa?

Jumat, 17 Juni 2022 19:23 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
FIFA resmi meliris daftar tuan rumah untuk Piala Dunia 2026, di mana rhelatan akbar tersebut akan dilangsukan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
FIFA resmi meliris daftar tuan rumah untuk Piala Dunia 2026, di mana rhelatan akbar tersebut akan dilangsukan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

INDOSPORT.COM – FIFA resmi meliris daftar tuan rumah untuk Piala Dunia 2026, di mana perhelatan akbar tersebut akan diberlangsukan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Namun, event yang paling ditunggu-tunggu pecinta sepak bola ini banyak menuai kritikan. Sebenarnya apa yang terjadi? 

Sebelum itu, Piala Dunia 2022 nantinya akan diselenggarakan di Qatar. Ini pertama kalinya Qatar menjadi tuan rumah kompetisi antarbangsa yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Piala Dunia 2022 nantinya akan dimulai pada bulan November. Hal ini mencetak rekor baru. Piala Dunia 2022 ini adalah Piala Dunia pertama yang tidak diselenggarakan pada bulan Mei, Juni, atau Juli.

Usut punya usut, hal ini dikarenakan masalah cuaca di Qatar. Piala Dunia 2022 dimulai pada bulan November atas sebab Qatar memasuki musim dingin.

Hal ini dilakukan agar para pemain tidak terlalu gerah atau kepanasan ketika bermain mengingat cuaca di Qatar sangatlah panas.

Diselenggarakannya Piala Dunia di Qatar ini juga menandai bahwa Qatar menjadi negara kedua yang menjadi tuan rumah di benua Asia. Sebelumnya, Piala Dunia tahun 2002 di selenggarakan di Jepang dan Korea Selatan.

Sebelumnya, terdapat pertarungan sengit dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 ini. Awalnya terdapat 5 calon tuan rumah, antara lain Qatar, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Lambat laun Australia, Jepang, Korea Selatan tersingkir dari voting. Di babak keempat pemilihan, tersisa Qatar dan Amerika Serikat yang mana suara dimenangkan oleh Qatar sebanyak 14 berbanding 8.

Di Piala Dunia 2022 Qatar ini, Qatar menjadikan 5 kotanya sebagai tuan rumah, antara lain Doha, Al-Khor, Lusail, Al-Wakrah, dan Al-Rayyan.