In-depth

Kuota Wakil Asia ke Piala Dunia 2026 Ditambah, Ini Cara Timnas Indonesia Bila Ingin Lolos

Selasa, 2 Agustus 2022 17:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia baru saja mendapatkan kabar baik karena FIFA resmi menambah kuota bagi wakil Asia yang lolos ke Piala Dunia 2026 mendatang.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara yaitu Amerika Serikat (AS), Meksiko dan Kanada. Hal itu membuat jumlah peserta mengalami penambahan dari 32 menjai 48 kontestan.

Penambahan kuota tersebut merupakan bentuk pengembangan sepak bola di seluruh dunia yang digaungkan oleh FIFA sejak enam tahun lalu

Regulasi tersebut berimbas pada penambahan kuota bagi kontestan yang lolos di setiap benua, tidak terkecuali dari Asia.

Laman resmi AFC baru saja menjelaskan kalau Asia sendiri mendapatkan jatah 8+1 slot. Untuk satu slot tambahan, bisa didapatkan bila calon peserta mampu melewati babak play-off intercontinental.

Meski jumlah juota ditambah, bukan berarti Timnas Indonesia bakal mudah untuk lolos. Pasukan Shin Tae-yong tetap harus melewati sejumlah babak seperti yang telah dirangkum oleh INDOSPORT berikut ini:

Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebanyak 22 negara yang memiliki ranking dari 26-47 di AFC bakal menjalani babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mereka akan bertanding dengan format home dan away. Nantinya 11 pemenang akan melaju ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.