Bola Internasional

Elkan Baggott Blak-blakan Kepada Media Inggris, Ungkap Alasan Tak Sudi Bela Timnas Thailand

Senin, 1 Agustus 2022 15:28 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI/Grafis/EliSuhaeli/INDOSPORT
Elkan Baggott, Tumpuan Timnas Indonesia yang Hadapi Tanah Kelahirannya di Final Piala AFF Copyright: © PSSI/Grafis/EliSuhaeli/INDOSPORT
Elkan Baggott, Tumpuan Timnas Indonesia yang Hadapi Tanah Kelahirannya di Final Piala AFF

INDOSPORT.COM - Bek andalan Timnas Indonesia yaitu Elkan Baggott baru-baru ini blak-blakan kepada media Inggris dengan membocorkan alasan tidak sudi berseragam Thailand.

Seperti diketahui, Elkan Baggott resmi memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada November 2021 lalu. Sebelumnya ia memiliki peluang untuk membela Timnas Indonesia, Thailand dan Inggris.

Hal tersebut lantaran Elkan Baggott merupakan pemain sepak bola yang lahir di Bangkok, Thailand pada 23 Oktober 2002 silam. Selain itu, sang ayah adalah orang Inggris dan ibu asli Indonesia.

Akan tetapi, pemain yang memiliki tinggi 193 cm itu dengan bangga memilih untuk membela Timnas Indonesia. Saat diwawancarai oleh media Inggris bernama livescore, ia menjelaskan alasan menolak membela Thailand.

Ternyata, bek Gillingham FC ini ingin membela negara asli dari sang Ibu yakni Indonesia. Thailand hanya tempat ia dilahirkan, namun tidak ada hubungan darah.

"Saya ingat ketika saya memulai di akademi di Ipswich, cita-cita saya adalah selalu bermain untuk Timnas Indonesia dan mewakili pihak keluarga ibu saya," ujar Elkan Baggott.

Elkan Baggott sendiri memulai debut bersama Timnas Indonesia ketika bersua Afghanistan dalam laga bertajuk FIFA Matchday di Gloria Stadium Antalya, Turki pada November 2021 lalu.

Sayang, dalam debutnya tersebut Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Afghanistan dengan skor 0-1. Meski kalah, Elkan Baggott diturunkan sebagai starter oleh Shin Tae-yong dan mampu tampil tenang di lini belakang.