Bola Internasional

Rekam Jejak Wakil Liga 1 di Semifinal Piala AFC Zona ASEAN, Apes Terus

Selasa, 9 Agustus 2022 11:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Klub Liga 1 Indonesia selalu memiliki catatan mengenaskan tiap kali menjejakkan kakinya di semifinal Piala AFC Zona ASEAN. Ini bisa jadi alarm bagi PSM Makassar Copyright: © INDOSPORT
Klub Liga 1 Indonesia selalu memiliki catatan mengenaskan tiap kali menjejakkan kakinya di semifinal Piala AFC Zona ASEAN. Ini bisa jadi alarm bagi PSM Makassar

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 Indonesia selalu bernasib apes setiap kali menjejakkan kaki di semifinal Piala AFC Zona ASEAN. Catatan ini bisa menjadi alarm bagi PSM Makassar pada edisi Piala AFC tahun ini.

Sebagaimana diketahui, tim Liga 1, PSM Makassar akan berlaga melawan Kedah Darul Aman di semifinal Piala AFC zona ASEAN pada Selasa (09/08/22).

Lawan mereka dari Malaysia ini terbilang cukup berat karena berstatus juara Grup G sekaligus pernah mempermalukan jawara Liga 1 musim 2021-2022, Bali United.

PSM Makassar yang mulanya diragukan bisa tampil bagus di Piala AFC justru mampu bermain dengan baik dan menjadi juara Grup H.

Pasukan Bernardo Tavares ini mampu mengalahkan klub asal Singapura, Tampines Rovers, dan bermain imbang kontrak tim asal Malaysia, Kuala Lumpur FC.

Menatap pertandingan kontra Kedah FC, PSM Makassar jelas mengantongi modal apik dalam tiga pertandingan perdana mereka di Liga 1 musim 2022-2023.

Dari tiga pertandingan awal, PSM Makassar mampu meraih dua kemenangan dan satu kali imbang. Menang atas PSS Sleman 2-1, menang 2-0 atas Bali United dan ditahan imbang 1-1 oleh Persija.

Hasil tersebut membuat PSM Makassar kini bertengger di papan atas klasemen Liga 1 dengan torehan 7 poin, menempati peringkat ke-3.

Publik sepak bola Indonesia tentu berharap performa positif PSM Makassar itu bisa berlanjut ke level Asia, dengan mengalahkan Kedah FC demi tiket final Piala AFC Zona ASEAN.

Apalagi PSM Makassar menjadi satu-satunya wakil Merah Putih di ajang ini, setelah Bali United harus tumbang di babak penyisihan grup.

Meski demikian, PSM Makassar perlu mewaspadai catatan buruk wakil Liga 1 tiap kali berlaga di babak empat besar Piala AFC dalam dua edisi 2018 dan 2019.