Liga Indonesia

PSM Makassar Sukses di Piala AFC, Level Liga 1 Meroket di Rangking Kompetisi Asia!

Sabtu, 2 Juli 2022 05:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Lolosnya PSM Makassar ke semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2022 buat Liga 1 merasakan perbaikan peringkat di Asia. Copyright: © INDOSPORT
Lolosnya PSM Makassar ke semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2022 buat Liga 1 merasakan perbaikan peringkat di Asia.

INDOSPORT.COM - PSM Makasaar tidak hanya membuar diri mereka bangga dengan kelolosan mereka ke semifinal Zona ASEAN di Piala AFC 2022.

Pasalnya Juku Eja juga membantu Liga 1 Indonesia naik peringkat di koefisien kompetisi-kompetisi di Asia yang mana berpengaruh pada jumlah peserta di ajang antar klub Benua Kuning.

Sebenarnya juga ada Bali United yang mewakili Liga 1 pada Piala AFC musim ini namun lagi-lagi Serdadu Tridatu tidak bisa bicara banyak di level yang lebih tinggi.

Anak-anak asuh Stefano 'Teco' Cugurra gagal melaju ke semifinal Zona ASEAN pasca kalah saing dengan Kedah Darul Aman (Malaysia) dan Visakha FC (Kamboja).

Meski meraih dua kemenangan dari tiga pertandingan, namun Bali United kalah dalam head-to-head dan bahkan agresifitas gol sehingga lolos via runner-up terbaik pun mereka tidak sanggup.

Berbda dengan PSM yang bisa mengumpulkan empat poin dari dua laga yang mana cukup mengantarkan mereka menjadi juara Grup H.

Dilansir dari Footy Rankings, Bali United mendapat 2,76 poin, sedangkan PSM Makassar mendapat 3,09 poin sejauh ini dari mengikuti Piala AFC 2022.

Menurut aturan, total poin yang diperoleh oleh semua klub dari sebuah negara akan dibagi dengan jumlah klub yang berpartisipasi dari negara tersebut.

Dengan demikian, secara total PSM dan Bali sejauh ini telah menyumbangkan 2,925 poin untuk Liga 1 dan kompetisi tanah air tersebut berhak meroket ke urutan 25 se-Asia.