Bola Internasional

Piala AFF U-16 2022: Jelang Lawan Myanmar U-16, Bima Sakti Ingatkan Suporter Jangan Teror Fisik

Rabu, 10 Agustus 2022 16:58 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (06/08/22). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (06/08/22).
Bima Sakti Peringatkan Para Pemain untuk Bermain Lebih Sabar

Tak hanya melakukan permintaan maaf kepada para pemain Timnas Vietnam U-16, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti juga turut mengingatkan anak asuhnya untuk tidak gegabah.

Bagi Bima Sakti, Myanmar bukan lah tim yang begitu saja mudah dikalahkan. Terlebib setelah mereka membuktikan diri dengan mampu menyingkirkan Malaysia dan Australia di penyisihan Grup C.

Bima Sakti menilai selama Myanmar bermain di babak penyisihan Grup C, karakteristik permainan mereka mirip seperti Thailand dan Vietnam.

"Mereka memiliki semangat juang yang tinggi, seperti Thailand dan Vietnam. Kita sudah latihan antisipasi kelebihan dan kekurangan mereka di dalam latihan," kata Bima Sakti.

Bima Sakti juga turut memahami bahwa Myanmar bisa memanfaatkan setiap peluang yang didapat. Makanya, Arhan Kaka Putra Purwanto dkk. diminta untuk lebih fokus sepanjang laga.

"Mereka tim yang bagus, memiliki organisasi dan militan juga, kita harus antisipasi semuanya dengan main lebih sabar, lebih rapi lagi dan jangan bikin kesalahan yang tidak perlu," tutur Bima Sakti.

Salah satu hal penting dari Myanmar adalah serangan balik. Kecepatan para pemain Myanmar sangat membahayakan ketika para pemain Indonesia tak kompak di setiap lini.

"Kita latihan bagaimana counter attack dari Myanmar, artinya pemain belakang kita harus tetap kompak dengan pemain depan, sehingga tidak terlena saat menyerang tapi tetap antisipasi dan perhatian terhadap striker mereka," jelas Bima Sakti.

Analisis melalui video turut dilakukan oleh Bima Sakti untuk memetakan kekuatan setiap pemain Myanmar. Bagi Bima Sakti, kekuatan Myanmar cukup merata di setiap lini di ajang Piala AFF U-16 2022.

"Semua pemain bagus dalam semua posisi, paling penting kita harus kerja keras," tegas Bima Sakti.