Liga Indonesia

Digdaya Gebuk Thailand, Vietnam Tebar Ancaman buat Timnas U-16 di Final Piala AFF

Kamis, 11 Agustus 2022 07:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, membeberkan kunci kemenangan atas Thailand dan lolos ke final Piala AFF U-16 2022. Para pemain dianggap mengeluarkan semangat yang luar biasa.

Vietnam sebenarnya tak diunggulkan untuk lolos semifinal setelah kalah dari Indonesia 1-2 di laga pamungkas fase grup. Ada Malaysia yang lebih dijagokan bersama Myanmar.

Namun, belakangan situasi justru berbalik. Vietnam yang lolos sebagai runner-up terbaik malah melangkah ke final setelah menyingkirkan juara Grup B, Thailand.

Dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/22) sore, Vietnam unggul lewat gol Nguyen Cong Phuong menit ke-29, serta Nguyen Trong Tuan (82').

"Semangat tim luar biasa. Para pemain tampil bagus dan menjalankan instruksi dengan baik," kata Nguyen Quoc Tuan dalam jumpa pers usai pertandingan.

Nguyen Quoc Tuan melihat timnya bukan sekadar menang, melainkan juga mampu meminimalkan peluang dari Thailand. Sehingga, performa sore ini sungguh memuaskan tim pelatih.

"Saya sangat senang dengan hasil laga. Pemain kami tampil bagus dan sekarang kami bersiap untuk laga selanjutnya," tutur Nguyen Quoc Tuan.

Kini, Vietnam fokus untuk mengembalikan kebugaran pemain. Mereka akan kembali bersua timnas Indonesia U-16 yang baru saja menang adu penalti atas Myanmar usai bermain sama kuat 1-1 di waktu normal.

Partai final Piala AFF U-16 2022 antara timnas U-16 menghadapi Vietnam akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/22) malam.