Liga Indonesia

Timnas U-16 Lolos ke Final, Iwan Bule Minta Maaf Atas Perilaku Oknum Suporter

Kamis, 11 Agustus 2022 12:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memohon maaf kepada Myanmar atas apa yang dilakukan suporter timnas Indonesia U-16 di laga semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/8/22).

Diketahui, timnas U-16 berhasil melangkah ke final Piala AFF U-16 2022 usai menaklukan Myanmar via drama adu penalti di semifinal semalam.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, kelolosan timnas Indonesia U-16 ke final Piala AFF U-16 sedikit tercoreng dengan aksi kampungan segelintir oknum suporter. 

Mereka dengan sengaja melakukan pelemparan botol ke dalam stadion. Hal ini sangat disayangka sehingga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun melayangkan permintaan maaf kepada timnas Myanmar.

"Sangat disayangkan walaupun memang tidak semua suporter, hanya oknum tertentu Kami mohon maaf, mungkin ada suporter melakukan tindakan tak terpuji," kata Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan.

"Aksi ini sangat tidak patut dilakukan saat memberikan dukungan. Tidak sepatutnya melemparkan botol minuman atau air ke tempat pertandingan," tambah dia.

Di sisi lain, Iriawan memberikan apresiasi kepada penggawa timnas Indonesia U-16. Meski tensi cukup panas, mereka tetap menaruh hormat kepada tim lawan selepas pertandingan.

Ke depan, Iwan Bule berharap kejadian serupa tidak terulang di final Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung pada Jumat (12/8/22). Indonesia akan kembali bakal menghadapi musuh bebuyutannya, Vietnam.

"Saya melihat tadi anak-anak timnas memberikan hormat kepada Myanmar setelah selesai pertandingan dan hal itulah yang kami inginkan. Kita harus melakukan hal yang sama di dalam negeri atau di luar negeri," tandas Mochamad Iriawan.