Bola Internasional

Gagal ke Final, Duel Melawan Myanmar Jadi Upaya Thailand Jaga Muka di Piala AFF U-16

Jumat, 12 Agustus 2022 09:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Thailand U-16 coba meraih hasil terbaik dengan mengamankan peringkat ketiga dan mengalahkan Myanmar pada gelaran Piala AFF U-16 2022. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Thailand U-16 coba meraih hasil terbaik dengan mengamankan peringkat ketiga dan mengalahkan Myanmar pada gelaran Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Thailand U-16 coba meraih hasil terbaik dengan mengamankan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2022, namun hal itu bisa diraih andai mereka bisa menang hadapi Myanmar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/22).

Tersingkirnya Thailand dalam perebutan tiket ke partai final cukup mengejutkan. Sebagai jawara grup B, Thailand malah tak bisa berbuat banyak ketika bersua Vietnam, Rabu (10/8/22).

Gawang Thailand bukan saja jebol dua kali oleh gol Nguyen Cong Phuong menit ke-29, serta Nguyen Trong Tuan menit ke-82.

Lebih ngenes lagi, Thailand hanya sekadar menguasai bola, tanpa menciptakan banyak peluang emas.

Bola yang mereka kuasai sebatas mondar-mandir di sekitar pertahanan Vietnam, tanpa membuat kiper lawan melakukan penyelamatan berarti.

Alhasil, Thailand harus bersua Myanmar yang disingkirkan Indonesia dalam drama adu tendangan penalti. Peringkat tiga menjadi penting untuk menjaga muka mereka sebagai raja Asia Tenggara.

Kekalahan atas Vietnam menjadi pelajaran penting bagi Thailand. Pelatih Thailand U-16, Pipob Onmo menyebut persaingan usia muda sangat dipengaruhi kesalahan yang dilakukan setiap klub.

"Ini adalah kejuaraan untuk level usia muda. Tim yang lebih banyak melakukan kesalahan akan kalah. Pada akhirnya kami kalah," kata Pipob Onmo.

Legenda hidup Chonburi ini punya tugas ganda jelang melawan Myanmar. Dia bukan sekadar menyusun strategi yang tepat untuk menghadapi Myanmar. Pipob pun perlu membangkitkan semangat para pemain.

"Soal mentalitas, saya pikir kami perlu berbicara kepada para pemain," tutur Pipob Onmo.