Bola Internasional

Tembus Final dengan Haru, Patriotisme Timnas Indonesia U-16 Bikin Kagum Media Vietnam

Jumat, 12 Agustus 2022 10:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi menyanyikan lagu-lagu kebangsaan usai timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 untuk hadapi Vietnam rupanya mendapat perhatian internasional. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi menyanyikan lagu-lagu kebangsaan usai timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 untuk hadapi Vietnam rupanya mendapat perhatian internasional.

INDOSPORT.COM - Meski baru melangkah ke final Piala AFF U-16 2022, kegembiraan tidak bisa dipungkiri meliputi segenap elemen timnas Indonesia yang dibanjiri rasa patriotisme.

Bahkan media Vietnam, negara yang akan jadi lawan di partai puncak nanti dan belakangan adalah rival terberat Merah-Putih di Asia Tenggara, pun sampai kagum dibuatnya.

Momen saat timnas Indonesia level apapun bermain memang akan mudah menyulut nasionalisme publik tanah air terutama para pecinta sepak bola.

Digelarnya Piala AFF U-16 2022 di Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan Indonesia semakin menguatkan emosi tersebut.

Maka dari itu ketika para pemain serta staf kepelatihan timnas Indonesia merayakan kelolosan ke laga pamungkas usai mengatasi perlawanan Myanmar di semifinal dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, banyak yang berlinang air mata haru dan bangga.

Dengan formasi melingkar di tengah lapangan, Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan beserta Bima Sakti bersama para asistennya tampak syahdu bernyanyi.

Suporter di tribun tidak mau kalah. Meski harus tidak kuat menutupi pandangan yang berkaca-kaca, namun publik Stadion Maguwoharjo rela menangis bersama pahlawan-pahlawan mereka.

Momen tersebut sempat viral di media sosial dan salah satu media olahraga Vietnam, Soha, ikut mewartakannya dengan nada kagum.

"Para pemain Indonesia U-16 membentuk lingaran dan menyanyikan perasaan cinta pada negara mereka. Banyak yang tidak kuat menahan perasaan haru kala melakukannya," tulis Soha, Kamis (11/8/22).

"Fans juga ikut terlibat. Meski ini hanya ajang junior dan tidak semenarik kompetisi AFF lain namun bagaimana terikatnya emosi mereka dengan para pemain tetap patut diacungi jempol,"

"Ketika memang melawan Vietnam U-16 pun air mata juga mengiringi selebrasi mereka. Indonesia U-16 sama-sama harus menang dengan susah payah di dua pertandingan tersebut," tambah Soha lagi.