In-depth

Nganggur, 3 Pelatih Asing Berpengalaman Bisa Jadi Opsi Gantikan Javier Roca di Persik

Selasa, 16 Agustus 2022 22:46 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© badaklampungfc
Milan Petrovic saat masih menjadi pelatih Badak Lampung FC. Copyright: © badaklampungfc
Milan Petrovic saat masih menjadi pelatih Badak Lampung FC.

INDOSPORT.COM - Tiga pelatih asing berpengalaman di Liga 1 ini bisa jadi opsi untuk Persik Kediri mencari pengganti Javier Roca di posisi pelatih utama.

Persik Kediri resmi menyatakan untuk mengakhiri kerja sama dengan Javier Roca yang menjabat sebagai pelatih kepala alias head coach tim di Liga 1 Indonesia musim ini.

Pengumuman tersebut disampaikan manajemen klub Persik pada Sabtu (13/8/22) malam WIB, atau tepat setelah jalani pertandingan pekan keempat Liga 1 kontra Borneo FC sehari sebelumnya.

Rentetan hasil buruk yang dialami tim berjulukan Macan Putih sejauh ini, menjadi penyebab dari keputusan ini. Kedua pihak akhirnya berpisah melalui kesepakatan bersama.

"Manajemen Persik Kediri mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dedikasinya yang sudah terjalin baik selama ini," bilang Direktur Teknik tim, Danilo Fernando melalui rilis klub.

"Semoga karirnya sukses di tempat yang lain," gelandang legendaris Persik Kediri di era Liga Indonesia itu menambahkan.

Tanda-tanda berakhirnya kerja sama antara Persik dengan Javier Roca sebenarnya sudah tercium sejak satu hari jelang laga menjamu Borneo FC Samarinda.

Pelatih asal Chile itu lantas tidak hadir dalam sesi pre-match press conference di Kediri. Javier Roca lalu diwakili oleh asistennya, Johan Prasetyo.

"Saya disini mewakili Javier Roca. Dia ada izin sakit hari ini," tutur Johan Prasetyo kepada awak media, Kamis (11/8/22).

Absennya Javier Roca juga berlanjut ketika Persik Kediri bertanding melawan Borneo, Jumat (12/8/22). Tanpa Roca, Arthur Irawan dkk menyerah dengan skor 1-2.

Tim berjulukan Macan Putih itu tentu saja menempuh segala pertimbangan dalam mencari sosok pelatih sebagai pengganti sepadan bagi Javier Roca.

Mulai pengalamannya di Liga 1. track record maupun prestasi, lisensi kepelatihan, hingga bagaimana dia memahami kultur sepak bola Indonesia. 

Berikut ini Indosport menyajikan 3 profil pelatih asing yang kemungkinan bisa menjadi opsi bagi Persik Kediri untuk memimpin tim di Liga 1 musim ini.

Ketiganya memenuhi sejumlah syarat penting seperti prestasi, kepemilikan lisensi hingga pengalamannya di sepak bola Indonesia.

Dan yang paling utama, status mereka juga free alias tanpa klub yang memikat di Liga 1 berdasarkan data di Transfermarkt.