In-depth

India Resmi Dibekukan FIFA, Untungkan PSM Makassar di Piala AFC tapi Rugikan Timnas Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2022 16:34 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© INDOSPORT
India Resmi Dibekukan FIFA, Untungkan PSM Makassar di Piala AFC tapi Rugikan Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
India Resmi Dibekukan FIFA, Untungkan PSM Makassar di Piala AFC tapi Rugikan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - FIFA baru saja membuat kejutan dengan memberikan sanksi pembekuan kepada Federasi Sepak Bola India (AIFF) pada Selasa (16/08/22) lalu.

Keputusan FIFA menjatuhkan sanksi pembekuan untuk AIFF memberikan dampak kepada Timnas Indonesia dan klub peserta Liga 1 2022-2023, PSM Makassar.

Seperti diketahui, sanksi tegas FIFA kepada AIFF disebabkan karena adanya intervensi dari pemerintah India dalam proses pemilihan ketua umum federasi sepak bola negara tersebut.

Sebelum diberikan hukuman, Mahkamah Agung India sempat membubarkan pengurus AIFF pada Mei 2022. Mereka menunjuk Komite Administrator yang diisi tiga anggota untuk sementara waktu mengambil alih wewenang Komite Eksekutif AIFF.

Mahkamah Agung India kemudian meminta Komite Eksekutif AIFF untuk menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh Komite Administrator (CoA).

Intervensi dari pengadilan tinggi India terhadap AIFF itu jelas telah melanggar Statuta yang ditepatkan FIFA sebagai Federasi Sepak Bola Dunia.

Ada dua pasal yang dilanggar yakni Pasal 14 soal kewajiban anggota asosiasi dan Pasal 19 soal independensi asosiasi anggota FIFA.

Hukuman pembekuan ini jelas membuat fans sepak bola negara tersebut marah besar. Pasalnya, hukuman ini diberikan saat bertepatan HUT Kemerdekaan India ke-75 pada Selasa (16/08/22).

Sementara itu, hukuman FIFA kepada India ternyata memberikan dampak bagi PSM Makassar yang tengah bermain di Piala AFC 2022.

Tidak hanya itu, Timnas Indonesia juga terkena dampak karena India menjadi kandidat kuat calon lawan di pertandingan bertajuk FIFA Matchday, September 2022.