Liga Indonesia

Liga 1: Tradisi Keren Borneo FC, Orbitkan Pemain Muda Level Timnas Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2022 20:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo klub Liga 1, Borneo FC. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo klub Liga 1, Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Borneo FC, Akhyar Ilyas, belum lama terlibat di tim, namun sudah bisa melihat potensi luar biasa segenap pemain muda yang membela klub Liga 1 Indonesia asal Kalimantan Timur itu. 

Akhyar Ilyas baru direkrut Borneo FC di Liga 1 2022-2023 untuk menggantikan Ahmad Amiruddin yang pulang kampung, ke PSM Makassar. 

Menurut Akhyar, Borneo FC sudah punya ciri khas setiap musim. Yakni berhasil memoles pemain muda yang kemudian menjadi langganan timnas mulai dari kelompok usia hingga senior. 

"Potensi pemain muda di sini (Borneo FC), sangat baik. Pembuktiannya saat Piala Presiden 2022, Fajar Faturrahman yang menjadi best young player. Saya yakin musim ini semua kemampuan bisa terus diasah demi mewujudkan prestasi," kata Akhyar.

Apa yang dikatakan pelatih berlisensi A AFC itu cukup valid. Borneo FC menyumbang tujuh pemain ke timnas Indonesia U-16 yang baru saja juara Piala AFF U-16 2020. 

Tujuh pemain itu antara lain Muhammad Kafiatur, Yanuar Sanusi, Ridho Al Ikhsan, Andrika Fathir Rachman, Narendra Tegar Islami, Ridzar Nurviat Subagja, dan Andhika Putra Setiawan.

Untuk timnas Indonesia U-19 ada nama Rabbani Tasnim yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Sedangkan di timnas senior, tim milik Nabil Husein itu mengirim Stefano Lilipaly dan Terens Puhiri. 

Sehingga, Akhyar Ilyas bersyukur bisa menjadi bagian Borneo FC musim ini. Dia kagum dengan kekompakan di klub dan bertekad membawa Pesut Etam meraih prestasi. 

"Alhamdulillah saya bersyukur bisa menjadi bagian dari Borneo FC. Klub yang sangat profesional dan kekeluargaan yang hebat," ujar eks pelatih Persiraja Banda Aceh itu.