Liga Indonesia

PSSI: Pemain Elite Pro Academy Boleh Ditarik untuk Gabung Timnas Indonesia U-16

Rabu, 17 Agustus 2022 07:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

INDOSPORT.COM - PSSI telah menggulirkan Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18 2022 mulai Senin (15/08/22) di Jakarta. Kompetisi berlangsung di Lapangan ABC dan lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS). 

Ketua umum PSSI, Mochamad Irawan berharap dua kompetisi kelompok usia itu berjalan lancar. Klub, pelatih dan pemain diminta menampilkan permainan terbaik. 

Menurut Ketum PSSI, EPA bisa jadi seleksi bagi pemain untuk masuk Timnas Indonesia U-16 dan U-18. Jika ada yang sesuai kriteria, maka bisa saja dipanggil tim pelatih Timnas. 

"Setiap tahun dilakukan kegiatan ini, ini juga menjadi kesempatan bakat muda untuk masuk timnas, nanti pelatih (timnas) dan tim scouting yang menentukan," kata Mochamad Iriawan.

"Pemain kekar dan tinggi 186 bisa menjadi bibit timnas kita. Semoga bisa sukses dan bisa mengambil pemain terbaik dari U-14, U-16, U-18," imbuhnya. 

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI mengatakan ada potensi penambahan pemain untuk Timnas U-16 yang akan ikut Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Para pemain EPA pun punya kesempatan untuk dipanggil. 

"Kalau ada pemain masuk radar timnas, akan diambil. Pemain U-16 dari EPA atau Soeratin. Kami hanya melihat dan fasilitasi, mendorong, mendukung jika ada bibit baru untuk Timnas U-16," tuturnya.

"Pasti ada, postur pemain yang ada cukup baik, bisa jadi ada tambahan untuk Timnas U-16," imbuh Iwan Bule.