Bola Internasional

Lisandro Martinez Bisa Tenang, 5 Bek Ini Buktikan jika Tinggi Badan Bukan Segalanya di Sepak Bola

Kamis, 18 Agustus 2022 08:09 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Lisandro Martinez. Foto: [email protected]

INDOSPORT.COM – Nama Lisandro Martinez langsung menarik perhatian ketika ia dihubungkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Bukan karena mantan bek Ajax itu berharga 55 juta poundsterling atau setara dengan Rp982 miliar, namun karena bek tengah tersebut hanya memiliki tinggi 175 cm.

Mereka yang mempertanyakan tinggi badan pesepakbola asal Argentina itu menyaksikan penampilannya  saat ia dikelilingi kekalahan atas Brighton dan Brentford.

Bahkan penggemar Manchester United menyerukan perubahan rencana, dengan banyak yang mendesak Ten Hag untuk mengerahkan Martinez sebagai gelandang bertahan.

Meski begitu, Martinez bukanlah bek tengah pendek pertama yang bermain di level teratas dalam sepak bola. Faktanya, beberapa bek tengah terbaik memiliki tinggi badan di bawah 185 cm.

Dilihat dari kesuksesan para legenda berikut, ukuran sepertinya bukan segalanya di dunia olahraga. Jadi masih ada harapan bagi Martinez dan Manchester United.

Siapa saja para bek dengan tinggi badan di bawah 185 cm yang berhasil membuktikan bahwa ukuran bukanlah segalanya? Berikut daftarnya.

Carles Puyol – 178 cm

Bersatu dengan Barcelona dan langsung bersinar, Carles Puyol akan tercatat sebagai salah satu pemain hebat dalam sepak bola.

Hampir 600 pertandingan di Camp Nou telah menghasilkan enam gelar dan tiga Liga Champions yang luar biasa baginya.

Sebagai seorang centurion untuk Spanyol, Puyol juga memenangkan Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 bersama negaranya. Bek berambut keriting ini dikenal karena kualitas kepemimpinannya, menjadi kapten Barca selama 10 tahun.