Bola Internasional

Sarat Kontroversi, Ini Deretan Stadion yang Jadi Venue Piala Dunia 2022 Qatar

Kamis, 18 Agustus 2022 19:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar Copyright: © FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT.COM – Berikut deretan stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia 2022 Qatar, di mana stadion-stadion ini sarat kontroversi.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung dalam hitungan bulan. Ajang ini sendiri untuk pertama kalinya akan digelar di kawasan Timur Tengah, usai Qatar ditunjuk jadi tuan rumah.

Dalam perjalanannya, Qatar yang telah ditunjuk tuan rumah sejak 2010, pun mulai melakukan pembangunan besar-besaran guna menyambut Piala Dunia 2022.

Stadion-stadion megah pun telah dibangun Qatar sejauh ini, dan stadion-stadion tersebut pun telah dipilih sebagai venue Piala Dunia 2022.

Meski stadion-stadion ini berdiri megah dan terlihat elok, bukan berarti stadion-stadion ini dan Qatar tak lepas dari kontroversi.

Dalam pengerjaan stadion-stadion itu, terdapat rumor yang berkembang bahwa pembangunannya melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Dalam Kongres FIFA yang digelar di Doha, Qatar pada Maret lalu, muncul protes dalam kongres itu. Salah satunya adalah Presiden Federasi Sepak Bola Norwegia, Lise Klaveness.

Selain itu, protes pun hadir dari para pelaku sepak bola. Salah satunya adalah legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen, Phillip Lahm.

Bahkan, kampiun Piala Dunia 2014 itu menolak terlibat di Piala Dunia 2022 Qatar dan tak akan menghadiri ajang yang pernah ia menangi itu.

Terlepas dari protes-protes ini, stadion pun telah dibangun oleh pemerintah Qatar dan siap menyambut Piala Dunia 2022. Stadion apa sajakah yang akan jadi tempat penyelenggaraan ajang itu?