Liga Indonesia

Pesan Bima Sakti Usai Timnas U-16 Jumpa Presiden dan Diguyur Rp1 Miliar

Jumat, 19 Agustus 2022 15:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 baru saja menerima bonus sebesar Rp1 miliar dari Presiden RI, Joko Widodo, pasca menjuarai Piala AFF U-16 2022. Hadiah itu diberikan di sela-sela panggilan ke Istana Negara, Rabu (17/8/22). 

Inilah bonus kesekian yang diterima timnas U-16 setelah menerima dari PSSI, sponsor, dan individu. Jika ditotal, Muhammad Iqbal dkk. sudah mengantongi lebih dari Rp3 miliar. 

Setelah mendapat banyak apresiasi, pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengingatkan anak asuhnya agar tak cepat puas. Mereka harus terus berlatih dan meningkatkan performa karena masih ada banyak kejuaraan ke depannya. 

"Harapannya kami akan terus giat berlatih mempertahankan performa kami dan yang pasti, setelah juara kita boleh bergembira, tapi tak boleh berlebihan," kata Bima Sakti.

Timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di final, Jumat (12/8/22). Gol tunggal Garuda Asia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dicetak Muhammad Kafiatur Rizky (45+1'). 

Usai turnamen, timnas U-16 sudah ditunggu agenda berikutnya, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 1-9 Oktober mendatang. Mereka tergabung di Grup B bareng Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab (UEA). 

Untuk persiapan, Bima Sakti telah meminta agar mereka mendapatkan kesempatan berlatih dan beruji coba di luar negeri mengingat lawan-lawan yang dihadapi sangat sulit. 

Timnas Indonesia U-16 tinggal menunggu respons dari PSSI apakah nanti permintaan mereka dituruti atau hanya sebatas menggelar TC di dalam negeri seperti biasanya.