Liga Indonesia

Termasuk Fariq Hitaba, PSSI Resmi Hukum 17 Wasit Liga 1 yang Tidak Kompeten

Senin, 22 Agustus 2022 11:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© pssi.org
PSSI melalui Komite Wasit secara resmi menjatuhkan hukuman pembinaan kepada 17 perangkat pertandingan atau wasit yang bermasalah hingga pekan kelima Liga 1. Copyright: © pssi.org
PSSI melalui Komite Wasit secara resmi menjatuhkan hukuman pembinaan kepada 17 perangkat pertandingan atau wasit yang bermasalah hingga pekan kelima Liga 1.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Komite Wasit secara resmi menjatuhkan hukuman pembinaan kepada 17 perangkat pertandingan atau wasit yang bermasalah dari pekan 1 hingga 5 Liga 1 2022/2023. Mereka dibebastugaskan dalam kurun waktu yang berbeda. 

Perangkat pertandingan itu terdiri dari wasit, additional assistant referee (wasit samping gawang) dan asisten wasit. Hal itu dijelaskan dalam rilis PSSI.

Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh menyatakan 17 korps baju hitam itu kurang kompeten atau melanggar Law of The Game (LOTG). Para pengadil lapangan tidak mengambil keputusan yang tepat sehingga rugikan beberapa klub. 

"PSSI berharap seluruh perangkat pertandingan menjalankan tugas sesuai Law of The Game (LOTG). Setiap wasit yang menjalankan tugas dengan baik pasti ada award, tetapi bila tidak menjalankan tugas dengan baik akan ada pembinaan tanpa tugas" kata Ahmad Riyadh.

Ahmad Riyadh menegaskan, wasit-wasit yang saat ini masih aman, harap berhati-hati menjalankan tugas. Ketim PSSI Asprov Jatim itu berharap mereka tetap fokus dan jalankan tugas sesuai LOTG.

Sementara untuk 17 wasit yang dihukum, Komite Wasit akan tetap lakukan pembinaan. Akan ada pertemuan untuk evaluasi dan koreksi agar tidak terulang kesalahan yang sama. 

"Untuk perangkat pertandingan yang sedang menjalani pembinaan khusus tanpa tugas, tentu kami akan memberikan semangat dan akan melakukan meeting menanyakan kesiapan mental serta fisiknya agar ke depannya tidak melakukan kesalahan," tambah Ahmad Riyadh. 

Komite Wasit rencananya akan menggelar koordinasi dan evaluasi menyeluruh setiap pekan ke-10 dan kelipatannya kepada seluruh perangkat pertandingan.

Sebelumnya, Komite Wasit mengistirahatkan 5 wasit utama, 3 asisten wasit, dan 4 asisten wasit tambahan yang berada di sisi kiri gawang selama 2-3 bulan. Mereka dianggap kompeten memimpin laga di Liga 1 2022. 

Namun, rupanya ada tambahan beberapa wasit yang dinilai lakukan kesalahan, sehingga kini total ada 17 nama. PSSI pun telah merilis nama-nama para pengadil lapangan tersebut.