Liga Indonesia

Liga 1: Bukan Cuma Marselino, Persebaya Punya Banyak Siasat Bungkam PSS Sleman

Jumat, 26 Agustus 2022 19:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT/Arif Rahman
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Copyright: © INDOSPORT/Arif Rahman
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menegaskan kekuatan timnya bukan sebatas Marselino Ferdinan saja menjelang laga pekan ke-7 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (27/8/22).

Marselino menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Persebaya atas PSIS Semarang via sepakan spektakuler dari luar kotak penalti pada detik-detik akhir pertandingan.

Gol itu semakin menegaskan kontribusi besar Marselino untuk Persebaya. Pada musim lalu, Marselino mencatatkan 23 penampilan dengan torehan empat gol dan sejumlah umpan penting.

Namun, Aji menegaskan bahwa Persebaya Surabaya bukan Marselino saja. Dalam sistem sepak bola yang dianutnya, sebuah tim bisa berkembang dengan seluruh pemain.

"Bagi saya sepak bola itu mengandalkan kolektivitas tim, tidak pernah mengandalkan satu dua pemain saja, termasuk Marsel, karena sepak bola itu 11 orang, tapi tidak dipungkiri dia salah satu faktor penting di tim," kata Aji Santoso, Jumat (26/8/22).

Bagi Aji, kualitas pemuda kelahiran 9 September 2004 itu cukup bagus. Dalam usia muda, Marselino Ferdinan bisa terus berkembang, tapi sekali lagi Persebaya bukan hanya mengandalkan dirinya, termasuk melawan PSS Sleman.

"Secara individu kita tahu kualitas Marsel seperti apa, tapi yang jelas saya lebih mengandalkan kolektivitas tim," tutur Aji Santoso.

Dalam laga melawan PSS, Aji menyebut seluruh pemain yang dibawa ke Sleman dalam kondisi baik. Persebaya Surabaya melakukan sesi latihan resmi pada Jumat pagi.

"Kami melakukan official training satu jam. Saya lihat pemain dalam kondisi yang cukup baik. Saya prediksi pertandingan bakal berjalan seru," ungkap Aji.