Liga Indonesia

Liga 2: Nusantara United Kental Nuansa Persis Solo, Jegal PSIM Yogyakarta?

Selasa, 30 Agustus 2022 20:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nusantara FC
Para Pemain Nusantara FC Copyright: © Nusantara FC
Para Pemain Nusantara FC

INDOSPORT.COM - Nusantara United FC (NUFC) kenal dengan nuansa Persis Solo di Liga 2 2022-2023. Merapatnya Sunawan Rusni dkk. menjadi modal mengarungi sengitnya persaingan Grup Tengah.

NUFC merupakan tim hasil akuisisi klub promosi, Mataram Utama. Klub ini dimiliki Gamma Thohir yang tak lain merupakan putra pengusaha nasional, Garibaldi Thohir.

Gamma Thohir sendiri terjun ke dunia sepak bola mengikuti jejak sang paman, Erick Thohir, yang memiliki 20 persen saham Persis. Hubungan kekerabatan ini sangat terlihat dalam bursa transfer.

Pada proses awal pembentukan tim, Nusantara United FC melakukan sesi latihan dan perekrutan pemain di kota Solo, sebelum kemudian bergeser ke Kota Salatiga.

NUFC juga merekrut beberapa mantan pilar Persis Solo, seperti Muhammad Fahri, Firmansyah, Agi Pratama dan Tegar Hening Pangestu. Terbaru, mereka meminjam empat pemain Laskar Sambernyawa.

Empat pemain itu adalah Sunawan Rusni, Fikri Adriansyah, Ilham Fathoni dan Yussa Nugraha. Tiga nama terdepan bukan pemain biasa meski tak jadi andalan Persis Solo di Liga 1 2022-2023.

Rusni, Fikri dan Fathoni merupakan pemain yang punya nama besar di Liga 2. Musim lalu, Rusni membela Sriwijaya FC dan Ilham Fathoni berseragam Sulut United.Sementara Fikri sempat jadi top skor Babel United.

Yussa Nugraha sendiri pernah menjadi bagian dari tim muda SC Feyenoord, Belanda. Musim ini, Yussa tergabung di Persis Youth yang sempat dibesut Rasiman.

Ketatnya persaingan lini depan, terutama sektor sayap, membuat empat nama ini terlempar. Mereka diberi kesempatan menambah menit bermain dengan dipinjamkan ke NUFC.

"Dengan gembira kami menyambut kedatangan empat pemain sekaligus, yakni Ilham Fathoni, Sunawan Rusni, Yussa Nugraha, Fikri Adriansyah, dari Persis Solo dengan status pinjaman untuk musim 2022/2023," demikian penyataan resmi NUFC melalui instagram resminya.