Liga Indonesia

Diresmikan Jokowi, Papua Football Academy Jadi 'Pabrik' Penghasil Boaz Solossa Baru

Rabu, 31 Agustus 2022 15:45 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
© Papua Football Academy (PFA)
Presiden Indonesia, Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy, Rabu (31/8/22). Copyright: © Papua Football Academy (PFA)
Presiden Indonesia, Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy, Rabu (31/8/22).

INDOSPORT.COM – Presiden Joko Widodo berharap Indonesia bisa menciptakan legenda sepak bola baru, setelah meresmikan Papua Football Academy, Rabu (31/8/22).

Dihadiri Presiden Joko Widodo, Papua Football Academy pada akhirnya telah diresmikan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua.

Seperti diketahui, tanah Papua terus menciptakan pesepak bola berbakat dan terlahir sebagai legenda. Tampaknya, usaha untuk memupuk generasi baru berhasil tercapai, setelah menjalin kerja sama dengan PT Freeport Indonesia.

Dilansir laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, terwujudnya Papua Football Academy merupakan hasil dari permintaan Jokowi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Pada November tahun lalu, Jokowi menagih komitmen dari PT Freeport Indonesia untuk pembangunan SDM di Papua.

Sejalan dengan permintaan dari orang nomor satu di Indonesia itu, Jokowi meminta agar fasilitas setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 bisa kembali dimanfaatkan.

“Bulan November tahun lalu, saya undang Dirut PT Freeport Indonesia. Saat itu saya minta komitmen untuk pembangunan SDM di Tanah Papua,” ungkap Jokowi dikutip dari situs Kemenpora.

“Saya juga minta fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON bisa terawat, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola. Hari ini, sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” sambungnya.

Menariknya, ketika Presiden Jokowi meresmikan Papua Football Academy, ia turut menyebutkan legenda-legenda sepak bola asli dari Tanah Papua.