Liga Indonesia

Liga 1: Jelang Derby Jateng vs Persis Solo, PSIS Ditinggal Carlos Fortes ke Portugal

Rabu, 31 Agustus 2022 12:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Striker klub Liga 1 PSIS Semarang, Carlos Fortes pulang ke Portugal untuk penyembuhan cedera. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Striker klub Liga 1 PSIS Semarang, Carlos Fortes pulang ke Portugal untuk penyembuhan cedera. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Drama tentang cedera penyerang PSIS Semarang, Carlos Fortes, menemui titik terang. Eks Arema FC pada akhirnya harus berobat ke Portugal, sehingga absen pada Derby Jawa Tengah Liga 1 Indonesia melawan Persis Solo, Sabtu (3/8/22).

Selama tujuh pekan ini PSIS dibuat pusing dengan cedera Carlos Fortes. Awalnya, sempat ada informasi bahwa cedera Carlos Fortes bisa sembuh lebih cepat. 

Makanya, niatan untuk mengganti Carlos Fortes pada putaran pertama Liga 1 pun diurungkan. Namun, hingga pekan ketujuh Liga 1 2022/2023 berjalan, Fortes belum juga bisa main.

Pada akhirnya cedera Fortes memang tak cukup dengan pijatan untuk disembuhkan. Dokter tim PSIS, dr. Mufidah Rizqiyani Husna, memastikan Fortes mengalami robekan pada hamstring.

Robekan total itu terdapat pada tendon semitendinosus kaki kanan. Fortes secara medis membutuhkan waktu enam pekan untuk kembali bermain atau dipastikan absen dalam laga PSIS melawan Persis Solo di Stadion Manahan.

Fortes mengalami perbedaan kekuatan hamstring kanan dan kiri dengan persentase 40 persen. Untuk mempercepat proses penyembuhan dengan alat yang lebih memadai, Fortes pun pulang ke Portugal.

Di Portugal nanti, Fortes akan mendapat perawatan dari salah satu klinik olahraga milik klub ternama Portugal, Benfica.

Perkembangan cedera Fortes akan dipantau tim dokter PSIS dengan komunikasi intens bersama Fortes serta tim medis di Benfica.

"Perawatan optimal sedang diupayakan termasuk perawatan otot, saraf, dan pembuluh darah serta penguatan hamstring,” kata dr. Mufidah, Selasa (30/8/22).

"Ada lagi pembatasan mobilitas, terapi neuromodulasi, krioterapi, elektroterapi, dan beberapa terapi lain yang efektif untuk kesembuhan Carlos Fortes di sport clinic Benfica Portugal

Pilihan Fortes untuk berobat ke negaranya mendapat dukungan dari Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi.

"Fortes kami dukung penuh dan support penuh. Termasuk saat ini melakukan penanganan cedera di Benfica. Mohon doanya kepada dulur-dulur semua supaya Fortes segera sembuh dan dapat merumput kembali," tutur Yoyok Sukawi.