Bola Internasional

Kolaborasi dengan KNVB, PSSI Bicara Mimpi Bermain di Piala Dunia 2034

Kamis, 1 September 2022 20:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Oranje Indonesia
Sekjen KNVB, Gijs de Jong bersama Wasekjen PSSI  Maaike Ira Puspita terkait Kegiatan Festival Oranje Indonesia Copyright: © Oranje Indonesia
Sekjen KNVB, Gijs de Jong bersama Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita terkait Kegiatan Festival Oranje Indonesia

INDOSPORT.COM - PSSI berbicara mengenai kolaborasi dengan Federasi sepak bola Belanda (KNVB), dalam kolaborasi ini, PSSI bicara untuk bisa tampil di Piala Dunia 2034, Kamis (01/09/22).

Kolaborasi antara PSSI dan KNVB memang terjadi saat Sekjen KNVB, Gijs de Jong menyambangi Indonesia.

Dalam kunjungan ke Indonesia, KNVB berencana menggelar Oranje Indonesia Festival di Jakarta untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 25 September 2022.

Festival ini bakal digelar bertepatan dengan pertandingan kedua timnas Belanda melawan Ekuador di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Dalam kegiatan ini, PSSI turut diundang dalam agenda KNVB ini karena kedua federasi menjalin kolaborasi.

Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita mengatakan bahwa ini menjadi yang terbaik karena kedua federasi juga berkolaborasi.

“Kami pasti mendukung. Apalagi ini membuka pintu kolaborasi," ucap Maaike.

"Hubungan kami dengan KNVB terjalin sejak 2020,” tambah dia.

Sementara itu, Sekjen KNVB, Gijs de Jong mengatakan harapannya untuk bisa melihat Indonesia tampil di Piala Dunia.

“Kedatangan mereka ke sini sekaligus membuka jalan buat kami. Seperti yang dibilang oleh Pak Gijs de Jong, mau melihat Indonesia bermain di Piala Dunia,” kata Ira.

“Kami memang punya target ke sana. Target kami adalah pada Piala Dunia 2034. Insyaallah kami bisa maju ke Piala Dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ira juga menjelaskan bahwa PSSI juga berbicara dengan KNVB soal program kepelatihan juga.

“Kami banyak bicara soal transfer program hingga kepelatihan dengan KNVB. Jadi, ini akan menjadi fondasi yang bagus buat kami,” tuturnya.

Maaike hanya menyinggung target timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2034. Hanya saja tak dijelaskan secara rinci bagaimana timnas Indonesia untuk bisa lolos ke pesta sepak bola terbesar di dunia tersebut.