Liga Indonesia

Komentar Ronaldo Kwateh Soal Persaingan di Timnas U-19 untuk Kualifikasi Piala Asia

Jumat, 2 September 2022 16:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ronaldo Kwateh (tengah) pada latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ronaldo Kwateh (tengah) pada latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Penyerang Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh mengaku harus bekerja keras di pemusatan latihan jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, ada banyak pemain baru yang dipanggil. 

Beberapa nama akan jadi saingan Ronaldo di lini depan seperti Muhammad Akrom, Rahmat Beri Santoso, Muhammad Widi Syarif, Hokky Caraka, Ricky Pratama dan Rabbani Tasnim. 

Meski demikian, Ronaldo menegaskan mereka semua berjuang untuk negara. Persaingan adalah hal normal dan mereka berusaha cepat beradaptasi dengan strategi pelatih Shin Tae-yong

"Banyak pemain baru juga. Mereka di sini juga berjuang dan kami juga sedang membangun chemistry lagi dan semoga cepat menjadi satu agar bisa memberikan yang terbaik nanti," ujar Ronaldo. 

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup F dan akan bersaing dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste. 

Menurut Ronaldo Kwateh, semua lawan di Grup F wajib diwaspadai. Ketiga negara pesaing tentu juga mengincar tiket ke babak utama Piala Asia U-23 tahun depan. 

"Menurut saya kami semua harus waspada dengan tiga tim lain ini," katanya. 

"Yang pasti kami tidak boleh menganggap remeh semua, ketiganya tim yang kuat. Semoga kami bisa lebih kuat dan baik dari tim mereka nanti," imbuh pemain Madura United itu. 

Ada satu catatan yang disampaikan Ronaldo Kwateh yakni Timnas U-19 harus lebih solid lagi. Mereka juga wajib meningkatkan akurasi dalam penyelesaian akhir karena hal itu sempat dikeluhkan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022 lalu. 

"Kami mungkin masih kurang di chemistry seperti di AFF kemarin dan juga beberapa finishing ini ya itu baru kami tingkatkan di hari ini," tuntas pemain keturunan Afrika itu.