Liga Indonesia

Wejangan Firman Utina buat Sang Anak Rayhan yang Dipanggil Timnas Indonesia U-19

Jumat, 2 September 2022 12:35 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/Indosport.com
Firman Utina, mantan timnas sepakbola Indonesia sekaligus ayah dari pesepakbola muda Persija Jakarta, Rayhan Utina. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Firman Utina, mantan timnas sepakbola Indonesia sekaligus ayah dari pesepakbola muda Persija Jakarta, Rayhan Utina.

INDOSPORT.COM – Putra legenda sepak bola nasional Firman Utina, yakni Rayhan Utina, mendapat wejangan dari sang ayah usai dipanggil timnas Indonesia U-19.

Rayhan Utina yang tergabung di Persija Jakarta dipanggil pelatih Shin Tae-yong bersama 35 nama lain untuk mengikuti pemusatan latihan sekaligus seleksi dalam rangka persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Anak pertama dari Firman Utina itu bakal mengikuti training center (TC) hingga 6 September mendatang. Ibarat pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya, pemanggilan ke timnas Indonesia U-19 tentu membuat sang ayah bangga.

Sebab, Rayhan punya kesempatan emas di masa depan untuk mewarisi bakat sang ayah yang dikenal sebagai kapten timnas Indonesia berprestasi di masanya.

Sebagai ayah kandung, tentu Firman Utina juga berperan sebagai pelatih pribadi Rayhan Utina sekaligus menjadi penasihat untuk sang buah hati.

“Ya, dari Rayhan kecil untuk individual training pasti lah saya sebagai pelatih di rumah. Tetapi kini semakin berkembang, itu berkat jasa-jasa para pelatihnya di SSB,” jelas Firman Utina semringah kepada awak INDOSPORT, Selasa (30/8/22).

Selain ikut andil menjadi pelatih pribadi, Firman Utina seraya menyampaikan wejangan untuk putra tercintanya itu. Dia berpesan bahwa menjadi pemain timnas itu adalah cita-cita bagi seluruh pesepakbola di negerinya masing-masing.

Legenda timnas Indonesia yang juga pernah berseragam Persita Tangerang itu juga menegaskan kepada sang putra bahwa menjadi pesepak bola professional memang harus bekerja keras tiga kali lipat.

“Harus lebih hebat dari seorang Firman Utina. Karena pada dasarnya sebagai pesepak bola, khususnya yang masih muda, harus lebih menunjukkan kualitas di lapangan ketimbang banyak bermain media sosial dsb,” tutup Firman Utina.