Liga Indonesia

Inspeksi 2 Stadion untuk Piala Asia 2023, Begini Catatan AFC untuk Indonesia

Minggu, 4 September 2022 21:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/Indosport.com
AFC telah menyelesaikan rangkaian inspeksi di dua stadion di Indonesia untuk Piala Asia 2023, salah satunya stadion GBK. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
AFC telah menyelesaikan rangkaian inspeksi di dua stadion di Indonesia untuk Piala Asia 2023, salah satunya stadion GBK.

INDOSPORT.COM - Perwakilan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) telah menyelesaikan rangkaian inspeksi di dua stadion di Indonesia untuk Piala Asia 2023. Ada dua stadion yang dilihat yakni Gelora Bung Karno dan Manahan, Solo.  

Inspeksi dilakukan sejak 1-4 September 2022 karena Indonesia telah mengajukan bidding untuk jadi tuan rumah Piala Asia tahun depan. Hal itu menyusul mundurnya China akibat pandemi covid-19. 

Setelah mengecek dua stadion tersebut bersama fasilitas penunjang seperti lapangan latihan dan lainnya, AFC memberikan beberapa masukan. 

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, secara umum AFC memberikan tanggapan positif. Hanya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk layak jadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

“Dalam pertemuan ini tim inspeksi AFC memberikan masukan dan rekomendasi terkait venue yang sudah dikunjungi dalam kurun waktu 3-4 hari ini," buka Yunus Nusi. 

"Masukan dan umpan balik yang dipaparkan secara umum positif. Tinggal PSSI memaksimalkan lagi persyaratan-persyaratan tambahan untuk melengkapi dokumen bidding menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang," imbuhnya. 

Indonesia menjadi kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 bersama Korea Selatan dan Qatar. Sebenarnya ada Australia, tapi negara tersebut mengundurkan diri belum lama ini. 

AFC meminta PSSI untuk kembali mengirimkan dokumen bidding paling lambat pada 15 September. Nantinya, AFC akan mempertimbangkan atau mengevaluasi empat kandidat tersebut, sebelum mengumumkan tuan rumah terpilih pada 17 Oktober. 

“Sebagai salah satu kandidat calon tuan rumah Piala Asia 2023, tentu PSSI diminta mengirimkan dokumen resmi bidding kepada AFC. Kedatangan mereka dengan mengecek dan memberikan masukan menjadi langkah penting dalam proses bidding ini," jelas Yunus Nusi. 

"Selanjutnya AFC meminta PSSI selambat-lambatnya mengirimkan dokumen resmi bidding pada 15 September 2022, dimana selanjutnya mereka akan mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022 mendatang," lanjutnya.