Liga Indonesia

Liga 1: Terungkap, Alasan Lee Yu-jun Lepas Kewarganegaraan Korsel dan Jadi WNI

Senin, 5 September 2022 19:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@leeyujun89
Gelandang naturalisasi asal Korea Selatan, Lee Yu-jun. Foto: Instagram@leeyujun89 Copyright: © Instagram@leeyujun89
Gelandang naturalisasi asal Korea Selatan, Lee Yu-jun. Foto: Instagram@leeyujun89

INDOSPORT.COM - Pesepak bola kelahiran Korea Selatan, Lee Yu-jun, belum lama ini sah menjadi warga negara Indonesia. Hal itu diketahui setelah dia dimainkan di pekan keempat Liga 1 Indonesia 2022-2023, 14 Agustus lalu. 

Pada pekan keempat Liga 1 2022-2023 melawan Persebaya Surabaya, Lee Yu-jun masuk di daftar susunan pemain. Dia merumput pada menit ke-85, menggantikan Esteban Vizcarra. 

Momen itu sekaligus memastikan Lee sudah berstatus WNI karena kuota pemain asing di Liga 1 hanya diizinkan empat nama dan Madura United sudah miliki Lulinha, Pedro Hernrique, Hugo Gomes, dan Cleberson. 

Lee Yu-jun bergabung di Madura United sejak awal musim ini. Tapi, dia tidak bisa bermain selama tiga pekan karena kuota pemain asing sudah penuh.

Tepat sebelum penutupan pendaftaran pemain, pengesahannya sebagai WNI akhirnya terbit. Lee sejatinya sudah tiga tahun lalu mengajukan untuk naturalisasi, yakni sejak berseragam Bhayangkara FC. 

Lee Yu-jun berhak menjadi WNI karena memperistri orang asli Indonesia dan telah lima tahun berturut-turut tinggal di Tanah Air. 

Gelandang berusia 32 tahun itu menikah dengan Shanaz Nadia Lee, wanita asal Jawa Timur. Keduanya dikaruniai dua anak dari pernikahan tersebut.

Itulah yang mendasari keputusan Lee melepas kewarganegaraan Korea Selatan. Dia ingin berkontribusi untuk sepak bola Indonesia dengan berbagi pengalaman ke pemain muda. 

"Pertama saya naturalisasi itu untuk keluarga saya, buat anak saya dan buat kehidupan ke depan. Kedua, karena saya cinta sepak bola, dan juga saya mau bantu sepak bola Indonesia ke depannya," imbuh Lee Yu-jun.