Bola Internasional

Ditanya Nasib Elkan Baggott dkk Lawan Curacao, Begini Jawaban Direktur Teknik PSSI

Selasa, 6 September 2022 17:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI bersama Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI bersama Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

INDOSPORT.COM - Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri memberikan penjelasan terkait pemanggilan pemain untuk FIFA match day lawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022. Dia mengisyaratkan jika beberapa pemain dari luar negeri akan bergabung.

Saat ini, ada enam pemain Timnas Indonesia yang tengah berkarir di luar negeri. Mereka adalah Elkan Baggott (Inggris), Saddil Ramdani (Malaysia), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Pratama Arhan (Jepang) dan Egy Maulana Vikri serta Witan Sulaeman (Slovakia). 

Ketika ditanya soal pemanggilan Elkan Baggott dkk untuk lawan Curacao, Indra Sjafri menegaskan klub pemilik wajib melepasnya. Pasalnya, laga nanti adalah laga resmi FIFA dan hal itu sudah diatur dalam regulasi. 

"Tim senior kumpul ya saat FIFA match day. Saat ini mereka lagi kompetisi, nanti saat FIFA match day kompetisi stop dan semua pemain terbaik di klub dipanggil buat jalani FIFA match day," kata Indra Sjafri. 

"Selesai FIFA match day pemain kembali lagi ke klub buat lanjutkan kompetisi," imbuhnya. 

Meski demikian, Indra Sjafri maupun PSSI belum mengabarkan apakah telah mengirimkan surat pemanggilan untuk keenam pemain tersebut. PSSI belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi INDOSPORT

Rencananya, Timnas Indonesia akan  menjalani latihan pada 19 September untuk persiapan lawan Curacao. Hal itu dilakukan setelah pelatih Shin Tae Yong selesai mendampingi Timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Uji coba Timnas lawan Curacao akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Pakansari, Cibinong. Sebelumnya ada wacana dimainkan di Jakarta International Stadium (JIS) tapi batal. 

Curacao dipilih jadi lawan bagi Timnas Indonesia karena merupakan salah satu tim kuat. Negara dari Kepulauan Karibia itu tempati peringkat 84 FIFA. 

Dari komunikasi PSSI dengan FFK, para pemain Curacao sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau lengkap. Dengan ini tim asuhan Remko Bicentini tersebut memenuhi syarat masuk Indonesia.