Liga Indonesia

Resmi! Arema FC Perkenalkan Javier Roca Sebagai Pelatih Baru

Selasa, 6 September 2022 17:56 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Arema FC
Arema FC melakukan langkah sat set dengan merekrut Javier Roca menggantikan Eduardo Almeida untuk mengarungi lanjutan Kompetisi Liga 1 musim ini. Foto: MO Arema FC Copyright: © MO Arema FC
Arema FC melakukan langkah sat set dengan merekrut Javier Roca menggantikan Eduardo Almeida untuk mengarungi lanjutan Kompetisi Liga 1 musim ini. Foto: MO Arema FC

INDOSPORT.COM - Arema FC melakukan langkah sat set perihal siapa figur pelatih baru yang menggantikan Eduardo Almeida untuk mengarungi lanjutan Kompetisi Liga 1 musim ini.

Klub berlogo kepala singa itu lantas meminang Javier Roca sebagai arsitek baru, setelah merampungkan segala kesepakatan di Jakarta, Selasa (06/09/22).

"Kami bertindak secara cepat, lugas dan tegas perihal pelatih baru, yaitu Coach Javier Roca," tutur Manajer Arema FC, Muchammad Ali Rifki, melalui zoom meeting bersama media.

Ya, langkah Arema FC memang sangat sat set perihal pelatih baru. Padahal, mereka baru mengumumkan penghentian kerja sama dengan Eduardo Almeida.

Pelatih asal Portugal itu diberhentikan dari posisi head coach seusai tim meraih 1 poin saat menahan imbang Barito Putera 1-1, Minggu (04/09/22).

"Setelah itu, kami melakukan komunikasi dengan Coach Roca dan tercapailah kesepakatan," ungkap Ali Rifki.

Dia juga memaparkan bahwa perekrutan Javier Roca yang terhitung hanya hitungan hari, bermaksud agar kondisi internal tim tetap kondusif.

"Ya kami tidak mau tim ini nanti seperti ayam yang kehilangan induknya. Apalagi jadwal pertandingan ke depan sudah dekat," tandas Ali Rifki.

Javier Roca sendiri sebelumnya membesut Persik Kediri sejak pertengahan musim 2021/2022 lalu. Dia membawa Persik finis di peringkat 11 klasemen akhir.

Sayang, kebersamaanya di Kediri harus terhenti sejak pekan ke-3 Liga 1 musim 2022/2023 setelah gagal mengantar tim berjulukan Macan Putih itu meraih kemenangan.

Siap Jawab Tantangan

Perekrutan Javier Roca sebagai pelatih baru Arema FC memang sudah melalui beragam pertimbangan dari pihak manajemen. Tak hanya punya karakter yang kuat, Roca juga mempunyai nilai plus dengan pemahaman tinggi terhadap kultur sepak bola Indonesia.

"Dia juga siap menjawab tantangan untuk memperbaiki performa tim ke depan. Dia harus bisa memaksimalkan skuat yang ada," beber Ali Rifki.

Lebih khusus lagi, Javier Roca juga ditantang untuk bisa menjawab ekspektasi tinggi yang selalu disuarakan Aremania kepada Arema FC. "Dia siap menyatu dan mewujudkan visi dan misi kami perihal sepak bola khas Malangan," tuntas kolega presiden klub, Gilang Widya Pramana tersebut.