Liga Indonesia

Dua Gelas Plastik Buat PSS Sleman Kehilangan Rp50 Juta

Rabu, 7 September 2022 10:38 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung menjaga ketat pergerakan para pemain PSS Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung menjaga ketat pergerakan para pemain PSS Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - PSS Sleman harus merelakan uang Rp50 juta melayang hanya gara-gara dua buah gelas plastik air mineral dilempar penonton saat laga melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (27/08/22).

Komite Disiplin (Komdis) PSSI memang sangat ketat membatasi setiap tingkah laku penonton Liga 1 2022/2023. Hal ini sebagai pembelajaran agar Indonesia siap ketika menghadapi event internasional.

Baru-baru ini, PSS Sleman harus merelakan duit Rp50 juta melayang. Hal itu karena penonton yang ada di tribun timur sisi selatan melemparkan dua gelas plastik air mineral ke arah lapangan.

Sanksi itu dijatuhkan Komdis PSSI melalui surat bernomor 038/L1/SK/KD-PSSI/IX/2022. PSS wajib tanggung jawab atas tingkah laku buruk penonton.

Denda dengan nominal lumayan besar ini membuat manajemen PSS Sleman kecewa. Sejak awal kompetisi, manajemen sudah menekankan pentingnya menjaga sikap di stadion.

"Kami tentu sangat menyayangkan kejadian ini terjadi kembali. Sebelumnya kami sudah bilang bahwa hal seperti ini sepatutnya tidak terulang karena akan merugikan tim lawan serta PSS sendiri," terang manajer PSS, Dewanto Rahadmoyo, Selasa (06/09/22) siang.

Ternyata, sanksi yang diterima PSS Sleman ini bukan yang pertama. Dewanto menyebut sanksi yang sama juga pernah diterima PSS dengan dakwaan tingkah laku buruk penonton.

"Jika terjadi ketiga kali, maka Komdis PSSI akan memberikan hukuman yang lebih berat dan berbeda untuk PSS kedepannya," tuturnya.

Dewanto berharap dua sanksi ini menjadi pembelajaran penting bagi suporter PSS, agar kedepan tidak ada lagi sanksi yang merugikan bagi tim Elang Jawa.

"Kami semua mengajak seluruh suporter PSS untuk mematuhi segala peraturan yang ada di stadion. Barang-barang yang tidak boleh dibawa silahkan untuk tidak dibawa dan tidak mengulangi kejadian seperti ini lagi karena akan merugikan," ucapnya.